Tips & Trik

Tips Bedakan Pelek Asli dengan KW

PUBLISHED DATE : 23 Januari 2024

Tips Bedakan Pelek Asli Dengan KW

Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai model velg di toko-toko otomotif terdekat. Selain produk kualitas OEM (original equipment manufacture) banyak toko otomotif yang menjual velg original import dan palsu. 

Jika ingin membeli yang asli sebaiknya kenali dulu cara membedakan velg original dengan yang palsu pada pembahasan berikut ini. 

  •  Harganya Jauh Lebih Murah

Sebelum membeli velg ada baiknya jika Anda melakukan riset kecil-kecilan untuk mengetahui harga pasarannya. velg kualitas OEM biasanya jauh lebih mahal dari yang palsu, perbedaan harganya bisa sampai 4 kali lipat dari velg palsu. 

Misalnya, harga velg palsu ring 17 sekitar Rp5 juta maka harga barang yang asli bisa mencapai Rp20 juta – Rp25 juta. Tapi jangan terlalu berpatokan pada harga karena di luar banyak pedagang curang yang menjual velg palsu dengan harga setara yang asli. 

  •  Bobotnya Lebih Berat dari yang Asli

Cara membedakan velg asli dengan yang palsu berikutnya bisa dilihat dari bobot velg tersebut. Setelah menanyakan harga jangan langsung percaya bahwa velg tersebut asli, pastikan dulu beratnya terlebih dahulu agar tidak mudah ditipu penjual.

Baca Juga : Mengenal Kerusakan Umum pada Blok Silinder

Pada umumnya velg kualitas original memiliki bobot yang lebih ringan dari yang palsu. Misalnya, velg palsu ring 17 beratnya sekitar 10 – 11 kilogram, maka yang asli beratnya hanya sekitar 6 kilogram saja. 

Melalui bobotnya Anda bisa mengetahui secara tepat mana velg yang asli dan mana yang palsu. Tapi cara ini tidak sepenuhnya akurat karena ada beberapa jenis velg yang beratnya hampir sama seperti yang palsu, contohnya velg ring 20. 

Jadi jangan menggunakan satu cara untuk mengecek keaslian velg mobil tapi gabungkan beberapa metode untuk mendapatkan hasil yang akurat.

  •  Memiliki Perbedaan Kualitas

Kualitas menjadi penilaian utama dalam membedakan antara velg yang asli dengan yang palsu. Kualitas velg palsu tentu lebih rendah karena proses pembuatannya menggunakan metode pengecoran. 

Sementara velg yang asli dibuat dengan cara ditempa sehingga hasilnya jauh lebih bagus. Selain dari proses pembentukannya, kualitas velg original bisa dikenali melalui hasil finishing-nya. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya