Tips & Trik

Ternyata Ini Fungsi Kunci Momen dan Cara Menggunakannya

https://www.suzuki.co.id/uploads/news/kunci_momen.jpg

Kunci momen atau kunci torsi merupakan salah satu peralatan paling penting dalam urusan otomotif.

Komponen mesin kendaraan tidak akan bisa dirangkai secara baik tanpa menggunakan kunci torsi tersebut. Yuk, simak ulasan berikut ini supaya Anda tahu lebih jelas tentang kursi torsi ini.

Pengertian Kunci Momen

Kunci momen atau torsi merupakan kunci jenis SST yang biasa ditemukan di bengkel-bengkel kendaraan bermotor. SST (Special Service Tools) merupakan peralatan yang khusus dirancang untuk merakit komponen otomotif dan alat ini tidak dapat diganti dengan peralatan lainnya.

Baca Juga : Tips Mudah Cek Kondisi Sabuk Pengaman

Pada umumnya, kunci torsi berbentuk bulat memanjang. Ujung bagian atasnya berbentuk pen yang nantinya akan ditancapkan ke kunci shock. Sedangkan di ujung bagian bawah dekat gagang pegangannya terdapat sebuah penyetel momen.

Penyetelan tersebut dapat disesuaikan dengan kekencangan yang dibutuhkan. Ukuran kekencangan pada kunci tersebut nantinya akan ditunjukkan dalam bentuk angka.

Fungsi Kunci Momen

Selain digunakan untuk mengeratkan mur dengan baut, kunci torsi biasanya juga digunakan sebagai alat pengukur kekencangan baut atau mur. Dengan menggunakan kunci torsi ini, Anda dapat mengetahui berapa nilai kekencangan yang paling tepat pada baut dan mur.

Baca Juga : Tips Memilih Helm yang Nyaman Dikenakan

Mur atau baut sebenarnya sudah disertai dengan nilai kekencangannya masing-masing, namun tidak semua baut dan mur yang dipasangkan dengan erat itu bagus. Di beberapa keadaan, ada juga ditemukan baut dan mur yang justru mengalami kerusakan jika dipasang terlalu erat.

Dalam kondisi inilah kunci torsi sangat diperlukan. Dengan kunci torsi, mur dan baut dapat terpasang dengan baik dan sesuai, tidak terlalu kendor atau terlalu erat.

Berkat kunci tersebut, tingkat kekencangan keduanya tidak juga dapat menyebabkan baut atau mur ulir sehingga dol atau bahkan patah. Fungsi kunci momen tersebut sangat penting sekali bukan?

Baca Juga : Tips Mudik Jika Terpaksa Pakai Motor

fungsi_kunci_momen

Jenis Kunci Momen

Kunci torsi memiliki jenis yang cukup banyak, namun jenis yang paling banyak ditemui adalah yang bermodel klik. Mau tahu apa saja jenis kunci torsi yang lainnya? Berikut akan diuraikan secara lengkap mengenai apa saja jenis kunci torsi.

  • Deflecting Beam Torque Wrench

Deflecting beam torque wrench merupakan salah satu jenis kunci torsi yang menggunakan jarum sebagai penunjuk nilai kekencangannya. Bentuk dari kunci ini seperti pedang dengan kunci soket di salah satu ujungnya dan jarum di ujung yang lainnya.

Jarum yang ada pada kunci torsi tersebut nantinya akan bergerak sesuai besaran momen mur dan baut. Alat ini memang sangat mudah digunakan, namun posisi bacanya harus dilakukan dengan seksama supaya tidak keliru.

  • Dial Indicator Torque Wrench

Jenis kunci torsi yang satu ini menggunakan dial indicator untuk menunjukkan besaran momen pengencangannya. Seiring dengan pengencangan yang dilakukan, jarum pada dial indicator akan bergerak menunjukkan skala tertentu.

Tingkat ketelitian yang dimiliki oleh dial indicator torque wrench terbilang cukup tinggi. Ketelitian yang bisa dicapai berkisar antara 0.01 sampai 0.001 mm. Kunci torsi jenis dial indicator umumnya digunakan pada industri otomotif.

  • Pneumatic Torque Wrench

Pneumatic torque wrench merupakan kunci torsi yang memanfaatkan tekanan udara dalam mengencangkan baut dan mur. Alat yang satu ini banyak digunakan oleh baut-baut yang membutuhkan pengencangan besar.

Kunci torsi pneumatik memiliki getaran yang sangat sedikit dan akurasi yang sangat baik pula. Kemampuan yang dimiliki berkisar antara 118 Nm sampai 47,600 Nm. Udara yang mengalami kompresi merupakan sumber tenaga dari kunci torsi pneumatik ini.

  • Hydraulic Torque Wrench
Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya