Tips & Trik

Cari Tahu Trik Menjadikan Mesin Perahu Tempel Lebih Hemat Energi

PUBLISHED DATE : 23 Januari 2023

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/SIS-Jan-Blog-1.jpg

Memiliki mesin perahu tempel yang hemat energi dan bahan bakar adalah idaman banyak orang. Dengan menghemat energi, selain bisa lebih menghemat biaya Anda juga bisa mengurangi pencemaran udara dari emisi yang dihasilkan selama berkendara. Suzuki Marine telah menyusun daftar lima cara sederhana yang bisa Anda lakukan agar mesin perahu tempel Anda lebih hemat energi. Ikuti caranya di bawah ini! 

  • Atur Kecepatan

Cara termudah untuk meningkatkan penghematan bahan bakar Anda adalah dengan mengatur laju perahu atau kapal Anda. Pastikan Anda selalu dalam kecepatan stabil, tidak terlalu lambat tapi juga tidak selalu dalam kecepatan penuh. Sebab mesin perahu tempel biasanya akan ada pada posisi paling efisien saat Anda mengeluarkan 60% sampai 80% tenaganya. Dengan bijak mengatur kecepatan, Anda bisa menghemat bahan bakar bahkan hingga 50%

  • Perhatikan Beban Muatan

Seluruh benda yang Anda Bawa dalam perjalanan menambah bobot dan beban dari perahu, berat ini juga yang akan berpengaruh terhadap efisiensi bahan bakar mesin perahu tempel. Karena itu saat berkendara dengan perahu Anda, pastikan Anda telah memilih barang yang akan dibawa. Bawalah perlengkapan secukupnya dan juga beberapa perlengkapan darurat seperti pelampung, makanan ringan, dan kotak P3K..

  • Bersihkan Perahu

Baca Juga : Jangan Sampai Salah Ukuran Saat Modifikasi Ban Motor!

Meskipun terdengar sepele, tumpukan kotoran atau barang-barang yang tidak digunakan di lambung kapal atau perahu bisa menjadi penyebab kendaraan Anda Jadi berat. Jika beban bertambah, tentunya juga akan menambah beban kerja mesin perahu tempel Anda. Pastikan Anda rutin memeriksa bagian lambung kapal secara rutin dan membuang barang-barang yang sudah tidak terpakai. 

  • Kurangi Posisi Idle

Kadang saat berada dalam posisi menunggu giliran untuk merapat di dermaga atau sedang berbincang dengan rekan, banyak dari pengemudi perahu yang berada pada posisi idle. Posisi idle memang nyaman dan memudahkan Anda saat ingin langsung lanjut kembali melaju, tapi sebaiknya agar mesin tetap hemat energi hindari berada di posisi ini terlalu sering. Jika dirasa akan berhenti dalam waktu cukup lama, matikan perahu Anda terlebih dahulu dan nyalakan lagi saat siap kembali melaju. 

  • Rutin Servis Berkala

Mesin perahu tempel akan jadi hemat energi jika dalam kondisi prima. Lihatlah buku manual Anda untuk cari tahu kapan jadwal servis rutin yang direkomendasikan oleh Suzuki Marine. Atau bisa juga Anda melakukan servis setidaknya setahun sekali. Mesin perahu tempel yang terawat dengan baik, akan memberikan efisiensi bahan bakar yang optimal. Untuk servis mesin perahu tempel kesayangan Anda, pastikan untuk mempercayakannya di bengkel resmi Suzuki Marine. Cari tahu lebih lengkap seputar biaya dan cara servis di bengkel Suzuki Marine dengan klik halaman ini www.suzuki.co.id/services/marine

Baca Juga : Kelebihan Dan Kekurangan Dari Sistem ABS

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya