Tips & Trik

10 Nama Pelabuhan di Indonesia yang Ramai

Indonesia terkenal akan lautnya yang luas membentang. Disamping itu, pulau-pulau yang tersebar dari Sabang hingga Merauke semakin menambah kekayaan negeri ini. Sehingga tak heran jika terdapat banyak nama pelabuhan di Indonesia baik kecil maupun besar yang dijadikan tempat persinggahan para kapal.

Dalam setiap pelabuhan tentunya memiliki regulasi tersendiri, sehingga berbeda satu sama lainnya. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut akan diulas seputar berbagai nama pelabuhan di seluruh pelosok Nusantara yang cukup terkenal beserta sejarah ataupun regulasi yang mengatur di dalamnya.

Definisi pelabuhan

Pelabuhan adalah suatu tempat yang terdiri dari sisi daratan dan juga lautan yang memiliki batas-batas spesifik dimana di dalamnya terdapat berbagai aktifitas yang tak jauh dari dunia laut.

Disini kapal-kapal dapat berlabuh dan menurunkan jangkarnya untuk menuju daratan atau dapat pula sebagai tempat awal mula pemberangkatan kapal-kapal dari darat menuju lautan.

Baca Juga : Sekoci Kapal Penolong, Jenis dan Perlengkapannya

Selain itu pelabuhan memiliki peranan penting dalam dunia perdagangan. Hal ini karena disinilah tempat datang dan perginya barang-barang dari luar kota atau bahkan luar negeri.

Daftar Nama Pelabuhan di Indonesia

  • Pelabuhan Tanjung Priok

Berita Lainnya