Tips & Trik

10 Nama Pelabuhan di Indonesia yang Ramai

Indonesia terkenal akan lautnya yang luas membentang. Disamping itu, pulau-pulau yang tersebar dari Sabang hingga Merauke semakin menambah kekayaan negeri ini. Sehingga tak heran jika terdapat banyak nama pelabuhan di Indonesia baik kecil maupun besar yang dijadikan tempat persinggahan para kapal.

Dalam setiap pelabuhan tentunya memiliki regulasi tersendiri, sehingga berbeda satu sama lainnya. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut akan diulas seputar berbagai nama pelabuhan di seluruh pelosok Nusantara yang cukup terkenal beserta sejarah ataupun regulasi yang mengatur di dalamnya.

Definisi pelabuhan

Pelabuhan adalah suatu tempat yang terdiri dari sisi daratan dan juga lautan yang memiliki batas-batas spesifik dimana di dalamnya terdapat berbagai aktifitas yang tak jauh dari dunia laut.

Disini kapal-kapal dapat berlabuh dan menurunkan jangkarnya untuk menuju daratan atau dapat pula sebagai tempat awal mula pemberangkatan kapal-kapal dari darat menuju lautan.

Selain itu pelabuhan memiliki peranan penting dalam dunia perdagangan. Hal ini karena disinilah tempat datang dan perginya barang-barang dari luar kota atau bahkan luar negeri.

Daftar Nama Pelabuhan di Indonesia

  • Pelabuhan Tanjung Priok

Pelabuhan Tanjung Priok merupakan salah satu pelabuhan terbesar di Asia Tenggara, sehingga tak heran jika aktivitas di dalamnya cukup padat.

Berbagai kegiatan dilakukan di tempat ini, misalnya saja mengangkut dan menurunkan para penumpang, mengangkut dan menurunkan barang dari berbagai pulau dan negeri. Termasuk juga aktivitas bongkar muat peti kemas, dan beragam kegiatan lainnya.

Awal mulanya, Tanjung Priok dibangun dikarenakan adanya pengendapan di lumur di wilayah muara Ciliwung pada tahun 1960. Hal tersebut membuat kapal-kapal tak dapat singgah di Sunda Kelapa (Jakarta), sehingga dibangunlah Tanjung Priok untuk mengatasi hal tersebut.

Beberapa regulasi yang diterapkan di Tanjung Priok seperti adanya sistem layanan pembiayaan jasa pelabuhan atau disebut juga dengan Port Service Financing. Sistem ini menerapkan pembayaran dengan cara kredit bukan model top up.

  • Pelabuhan Tanjung Perak

Ini merupakan pelabuhan yang terdapat di kawasan Surabaya, Jawa Timur. Dengan aktivitas yang tak kalah ramai dengan pelabuhan lainnya, Tanjung Perak tergolong dalam kategori pelabuhan teramai kedua di Indonesia.

Berbagai kegiatan dan fasilitas dapat dijumpai di sini. Diantaranya terdapat hotel kapsul bagi para penumpang yang ingin bermalam di area pelabuhan dengan harga ekonomis, namun nyaman.

Kemudian terdapat pula ranah wisata North Quay yang memanjakan para pengunjung dengan pemandangan laut dari rooftop serta aneka kuliner yang tersedia.

Beragam kapal kecil maupun besar dapat berlabuh di sini. Tidak jarang juga kapal-kapal pesiar menepi sembari menampilkan berbagai atraksi bagi para pengunjung pelabuhan.

Sejarah pembangunan Tanjung Perak di mulai pada tahun 1910. Sedangkan nama Tanjung Perak berawal dari kata Hujunggaluh. Dalam hal ini, hujung berarti sebuah wilayah yang menjorok ke arah laut, sedangkan galuh bermakna perak atau emas yakni alat pertukaran yang digunakan dalam perdagangan.

Setelah itu, pada masa Hindia Belanda, Hujung Galuh berubah nama menjadi Hujungperak dan bertransformasi menjadi Tanjung Perak

pelabuhan_adalah

  • Pelabuhan Ketapang

Sedikit berbeda dengan yang lainnya, pelabuhan Ketapang merupakan tempat berlabuhnya kapal-kapal feri. Pelabuhan ini berada di kawasan Banyuwangi, Jawa Timur. Selain itu, keindahan alam yang dimiliki pun tidak kalah cantiknya.

Pasalnya, selain menjadi pintu gerbang banyak kapal dari Banyuwangi menuju Bali, wisata laut yang dimiliki pun tak pernah sepi akan pengunjung. Bahkan, setiap harinya tak kurang dari ratusan kapal feri berlabuh di pelabuhan ini.

Ada yang cukup unik di sini, yakni adanya anak logam atau para anak-anak yang akan menyelam dan mengambil koin-koin uang yang Anda dilemparkan dari kapal. Pemandangan satu ini tentunya cukup menghibur para penumpang kapal.

  • Pelabuhan Harbour Bay

Ini adalah sebuah pelabuhan yang letaknya cukup dekat dengan negara tetangga, yakni Singapura. Saat Anda berkunjung ke Pulau Batam, belum lengkap rasanya jika belum mampir ke Harbour Bay.

Selain sebagai tempat berlabuhnya para kapal, pelabuhan Harbour Bay menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Terlebih pemandangan di malam hari yang dipenuhi dengan lampu-lampu cantik semakin menambah keindahan suasana tempat ini.

Bahkan, tak sedikit restoran-restoran dengan kualitas tinggi dan harga yang cukup fantastis berjejer di sini. Tidak sampai di situ, bahkan Harbour Bay menghadirkan Mall serta berbagai tempat penginapan yang semakin memanjakan para pengunjung.

Dengan ini, dapat dikatakan, jika Harbour Bay tak hanya sekedar pelabuhan internasional namun juga sebagai destinasi wisata, bisnis, dan juga tempat perbelanjaan. Sejak resmi dibuka pada tahun 2006 silam, Harbour Bay telah dikunjungi oleh ribuan wisatawan domestik maupun mancanegara setiap bulannya.

  • Pelabuhan Tanjung Mas

Ini merupakan salah satu nama pelabuhan di Indonesia yang memiliki luas kurang lebih 500 hektar, terletak di daerah Semarang, Jawa Tengah. Ragam kegiatan dan fasilitas yang dapat Anda jumpai diantaranya dermaga, kolam pelabuhan, alur pelayaran, terminal dan juga gudang.

Hal yang cukup menarik pada pelabuhan Tanjung Mas ialah adanya sebuah Mercusuar dengan sebutan Willem 3.  Mercusuar tersebut dibangun pada masa pemerintahan Kolonial Belanda pada tahun 1884.

Pembangunan mercusuar ini bertujuan menjadikan kota Semarang sebagai tempat perdagangan dan pelabuhan.

  • Pelabuhan Sunda Kelapa

Jika sebelumnya terdapat Tanjung Priok, maka kali ini Sunda Kelapa hadir dengan tampilan yang berbeda. Terkenal dengan sebutan pasar ikan, Sunda Kelapa diminati banyak pedagang sebagai sarana jual beli.

Selain itu, pelabuhan ini nyatanya telah hadir sejak zaman Kerajaan Padjajaran. Hal ini menandakan jika Pelabuhan Sunda Kelapa memiliki catatan sejarah yang cukup panjang.

Mulanya nama Pelabuhan Sunda Kelapa adalah Pelabuhan Kalapa, Lalu, pada tahun 1970 berganti nama menjadi Sunda Kelapa.

  • Pelabuhan Soekarno-Hatta

Kali ini beranjak menuju wilayah Makassar dimana  Pelabuhan Soekarno-Hatta berada. Jika Tangerang memiliki Bandara Soekarno-Hatta, Makassar pun memiliki pelabuhan dengan nama yang sama. Pelabuhan ini terbilang cukup ramai dengan berbagai aktivitas dan pengunjung yang berlalu-lalang. 

Di sinilah tempat berlabuhnya kapal-kapal peti kemas, yang mengangkut barang-barang bermuatan banyak. Sehingga, dalam ruang lingkup pelabuhan Soekarno Hatta terdapat pula terminal peti kemas.

  • Pelabuhan Merak

Pelabuhan ini dapat dibilang terletak pada ranah yang strategis, dimana dapat menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatera melalui Selat Sunda. Berada di Provinsi Banten, Pelabuhan Merak menjadi pintu gerbang kapal-kapal feri yang berlalu lalang dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni.

  • Pelabuhan Batam-Center

Ini merupakan sebuah pelabuhan yang letaknya tak seberapa jauh dari Harbour Bay.  Jika pada Harbour Bay didominasi dengan kapal feri, maka pada pelabuhan Batam Center dipenuhi dengan kapal-kapal barang.

Terdapat beragam angkutan barang import maupun eksport yang melewati pelabuhan satu ini. Bukan hal yang asing lagi jika barang-barang buatan luar negeri dapat dibeli dengan harga yang cukup murah di sini.

  • Pelabuhan Bakauheni

Salah satu nama pelabuhan Indonesia yang cukup padat dengan kegiatan di dalamnya. Pelabuhan Bakauheni merupakan tetangga dekat dengan Pelabuhan Merak.

Di sini dapat dijumpai ratusan kapal feri setiap harinya. Kapal-kapal tersebut bermuatan para penumpang yang hendak menyebrang dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera.

 

Berita Lainnya