Tips & Trik

Merawat Mesin Kapal Tempel Saat Cuaca Sedang Kurang Bersahabat

PUBLISHED DATE : 09 September 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Aug-Blog-30-(1)-(1).jpg

Tak hanya wajib dibersihkan sesudah digunakan menyusuri perairan, melakukan perawatan mesin kapal tempel secara rutin akan menjaga mesin kapal tempel tetap awet dan tetap bertenaga untuk waktu yang lama. Terlebih jika mesin kapal tempel Anda harus bekerja keras untuk tetap digunakan di tengah cuaca yang kurang bersahabat. 

 

Lewat perawatan mesin kapal tempel dan pemeriksaan rutin, Anda bisa mencegah kerusakan besar dan menghentikan masalah yang terjadi pada tahap awal. Berikut adalah daftar pemeriksaan bagian mesin kapal tempel yang tak boleh dilewatkan ketika Anda sedang melakukan perawatan mesin kapal tempel

Baca Juga : Pentingnya Airbag untuk Keselamatan Berkendara

1. Periksa saluran bahan bakar secara teratur dari keretakan dan tanda-tanda keausan. Pastikan bagian pompa mesin tidak terdapat keretakan. Pastikan sambungan bahan bakar ke saluran terpasang dengan benar dan tidak bocor. Ini juga dapat ditemukan di sini.

2. Periksa klem selang pada saluran bahan bakar dari karat atau korosi.

3. Periksa apakah ada bagian tangki bahan bakar yang rusak. Pastikan ventilasi tangki tetap berfungsi dengan baik, tidak ada kandungan air yang tercampur di bahan bakar. Sebab fungsi bahan bakar akan terganggu jika ada kandungan airnya. 

Baca Juga : Ketahui Resiko Sebelum Memasang Alat Penghemat Bahan Bakar

4. Lakukan perawatan steering gear kapal dengan menambahkan pelumas. Lakukan setiap telah menempuh jarak kemudi 100 jam atau setidaknya setahun sekali. 

5. Periksa bagian anoda yang ada pada mesin, ganti dengan yang baru jika mulai berkarat. 

6. Ganti oli mesin dan ganti filter oli.

Baca Juga : Posisi Berkendara Dengan Sepeda Motor Yang Ideal

7. Ganti impeller pompa air setelah setiap 300 jam penggunaan atau setiap 3 tahun (lebih sering jika Anda menggunakan mesin tempel di perairan di mana pasir dapat masuk ke sirkuit pendingin).

8. Periksa mesin tempel apakah terdapat kerusakan pada permukaan cat dan logamnya. Hapus karat atau lecet secepat mungkin untuk menghindari kerusakan besar.

 

Itulah perawatan mesin kapal tempel Suzuki yang bisa dilakukan ketika harus sering berkendara di tengah cuaca kurang bersahabat. Jika Anda ingin melakukan perawatan lebih lengkap lagi, Anda bisa membawa mesin kapal tempel Anda ke bengkel Suzuki Marine. Dapatkan pelayanan terbaik dari teknisi mesin kapal tempel yang berpengalaman. Booking jadwal servis Anda dengan mudah lewat https://www.suzuki.co.id/services/marine

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya