Tips & Trik

Merawat Mesin Kapal Tempel Saat Cuaca Sedang Kurang Bersahabat

PUBLISHED DATE : 30 Januari 2024

Aug Blog 30 (1) (1)

Sebagai upaya pencegahan, oleskan anti karat setiap bulan secara merata ke semua area di bagian bawah penutup mesin serta permukaan logamnya. Ingat! Penyemprotan tersebut hanya pada bagian logam mesin yang terbuka. 

Hindari menyemprotkan anti karat pada bagian anoda, sensor oksigen, alternator, atau di permukaan timing (sabuk alternator). 

  • Cek Saluran Bahan Bakar

Salah satu bagian yang tidak boleh diabaikan dalam merawat mesin kapal tempel adalah melakukan pengecekan terhadap saluran bahan bakar. Perhatikan apakah terdapat tanda-tanda keausan atau kerusakan di bagian ini. 

Segera lakukan perbaikan jika terdapat keretakan, walau hanya setitik. Pastikan sambungan bahan bakar pada mesin kapal tempel terpasang dengan sempurna dan tidak bocor. 

Selain itu, cek juga klem selang di saluran bahan bakar dan pastikan di bagian ini tidak terdapat karat atau korosi. 

  • Cek Anoda 

Perhatikan pula bagian anoda pada cover exhaust mesin kapal tempel dan segera lakukan penggantian apabila mulai terlihat berkarat. 

  • Cek Tangki Bahan Bakar 

Baca Juga : Cara Kerja Teknologi SHVS

Komponen terakhir yang perlu diperhatikan saat memeriksa kondisi mesin kapal tempel adalah bagian tangki bahan bakar. Pengecekan ini bisa Anda lakukan dengan cara melepas bagian penutup mesin. 

Amati dengan seksama apakah terdapat kerusakan di bagian tangki bahan bakar ini. Pastikan ventilasi pada tangki tetap berfungsi, tidak bocor, serta bahan bakar tidak tercampur dengan air atau cairan lainnya. 

Apabila terdapat kebocoran, segera konsultasikan masalah ini dengan mekanik perahu/kapal. Sebab, adanya kandungan air pada tangki akan membuat fungsi bahan menjadi terganggu. 

Penting bagi pemilik untuk memahami bagaimana cara menjaga performa mesin kapal tempel yang dimilikinya agar tetap prima. Baik dalam hal perawatan maupun pemeriksaan, kedua hal tersebut harus dilakukan secara rutin. 

Dengan merawat mesin kapal tempel secara rutin bisa mencegah timbulnya kerusakan yang parah sekaligus mengatasi permasalahan yang terjadi sejak dini. 

Mau melakukan perawatan secara lengkap? Anda bisa booking jadwal servis di bengkel Suzuki melalui website resmi Suzuki dan dapatkan pelayanan terbaik dari teknisi yang berpengalaman. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya