Tips & Trik

4 Alasan Busi Mobil Menjadi Komponen Mobil Yang Sangat Penting

PUBLISHED DATE : 22 November 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/SIS-Oct-Blog-28.jpg

Meskipun kecil, fungsi busi mobil sangat besar. Komponen yang satu ini merupakan jantungnya mesin, tanpa keberadaan busi sangat mustahil mobil bisa menyala. Karenanya sangat disarankan untuk selalu memeriksa keadaan dan kebersihan busi setiap saat. Dengan begitu kinerja busi akan tetap optimal. Berikut adalah 5 alasan mengapa busi mobil sangat penting untuk dirawat: 

Penghasil listrik

Kualitas busi yang bagus bisa terlihat dari percikan api ketika busi didekatkan pada logam saat mesin dihidupkan. Percikan tersebut disebabkan oleh temperatur yang terjadi pada pembentukan listrik. Hal ini menandakan bahwa busi masih berfungsi dengan baik untuk menghasilkan listrik. Oleh karena itu busi menjadi salah satu sparepart atau onderdil yang sangat vital fungsinya. Tanpa busi yang bertugas memantik listrik di seluruh sistem mobil, mesin akan tidak bisa menyala. 

Baca Juga : Rekomendasi Oli Untuk Mobil MPV

Pembakar bensin 

Selain berfungsi sebagai sumber listrik, busi juga bisa berfungsi sebagai pembakar bensin yang telah dikompres oleh piston. Hasil pembakaran busi mampu menghidupkan mesin mobil secara sempurna. Jika terjadi masalah pada busi, proses pembakaran jadi tidak optimal mesin pun jadi tersendat. 

Cadangan aki

Baca Juga : Tips Mudah Cek Kondisi Sabuk Pengaman

Busi juga bisa berfungsi sebagai penyimpan cadangan listrik untuk mengganti aki sementara yang bisa Anda gunakan saat aki soak. Terdapat elektroda di bagian busi yang bisa disambungkan ke koil pengapian, sehingga tercipta listrik dengan besaran daya tertentu. Tapi hal ini hanya bisa digunakan saat darurat saja, Anda tidak bisa melakukannya terus menerus karena akan menambah beban kinerja busi. Sehingga busi jadi cepat rusak. Jika terjadi masalah pada aki, segera ganti aki mobil dengan yang baru. 

Menjaga mesin tetap stabil

Busi menjaga kondisi mobil tetap stabil dengan menjaga seluruh sistem kelistrikan tetap optimal. Hal ini tentu bisa terjadi jika busi mobil Anda terjaga kondisi dan kebersihannya. Busi sudah berkerak dan kotor harus segera diganti, jika tidak akan membuat mobil jadi tersendat-sendat.  Agar fungsinya tetap optimal, busi mobil harus dirawat dengan baik dan diganti jika telah melewati usia pakai. Biasanya usia pakai ini antara 60.000 sampai 80.000 kilometer. Tapi ada juga kondisi di mana meskipun sudah menempuh jarak hingga diatas 100.000 km tapi busi tetap bisa digunakan karena masih berfungsi dengan baik dan tidak kotor.

Baca Juga : Banyak Nyamuk di Kabin Mobil? Jangan Pakai Semprotan Nyamuk Biasa!

 

Sebenarnya jarak interval penggantian busi memang tidak menentu, semua tergantung kondisi pada busi itu sendiri. Namun idealnya, selain harus diganti jika telah mencapai jarak tempuh seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Busi biasanya juga harus diganti sejak 12 bulan sejak pergantian busi sebelumnya. Lakukan perawatan dan penggantian busi hanya di bengkel resmi Suzuki!

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/SIS-Sept-Blog-10-(2).jpg

Rekomendasi Oli Untuk Mobil MPV

Memiliki mobil MPV tentunya membawa keuntungan tersendiri. Sesuai dengan namanya yaitu Multi Purpose Vehicle alias kendaraan multi fungsi, tak hanya muat banyak penumpang sehingga ...

selengkapnya