Tips & Trik

Ketahui, Ini Komponen Differential dan Fungsinya Pada Mobil

PUBLISHED DATE : 18 Februari 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/69441946_s.jpg

Differential atau juga disebut dengan gardan merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting pada mobil.

Komponen differential digunakan untuk meneruskan tenaga mesin yang berasal dari proses pembakaran ke poros roda agar dapat berjalan tanpa selip.

Dengan adanya differential, dapat membuat roda mobil membelok dengan aman. Lalu, apa sebenarnya komponen yang ada dalam differential pada mobil?.

Baca Juga : Shock Breaker Amblas, Masih Bisakah Diperbaiki?

Agar lebih jelas, simak informasi tentang komponen differential dan fungsinya, serta tanda differential mengalami kerusakan berikut ini.

Fungsi Differential

Differential (Gardan) merupakan komponen yang terletak pada bagian bawah mobil baik di roda depan maupun roda belakang.

Baca Juga : Mengenal Ring Piston Mobil dan Pertanda Ada Masalah

Fungsi utama dari differential yaitu membagi putaran yang berasal dari transmisi ke roda kiri dan kanan yang disesuaikan dengan kondisi kendaraan.

Beberapa komponen yang ada dalam differential berperan dalam membedakan putaran pada roda kanan dan kiri diantaranya differential carrier, pinion gear, dan side gear. Ketika mobil belok ke kiri, side gear kiri akan bergerak untuk melawan pinion gear agar tidak melakukan perputaran.

Putaran yang diterima pada roda kanan dan kiri harus berbeda agar mobil dapat berbelok dengan mudah.

Baca Juga : Apa Itu Oli Palsu?

Jika putaran antara roda sama, maka ketika berbelok akan terjadi selip hingga ngepot (buang bodi) sehingga menimbulkan ketidaknyamanan saat berkendara menggunakan mobil tersebut. 

Komponen Differential dan Fungsinya

Differential memiliki banyak komponen yang saling bekerja sama untuk menjalankan sebuah mobil agar nyaman ketika digunakan.

Semua komponen differential saling berkaitan pada jarak yang presisi. Lalu, apa saja komponen tersebut? Simak daftarnya berikut ini.

  • Oil Seal

Komponen pertama yang ada pada bagian ujung differential atau gardan adalah oil seal. Lebih spesifiknya, oil seal terletak di bagian rumah differential dan poros pinion gear. 

Fungsi dari oil seal pada differential yaitu untuk mencegah oli keluar dari differential. Oil seal sendiri terbuat dari bahan karet yang tahan dengan pelumas ataupun bahan bakar. 

  • Bearing

Komponen lain pada differential yaitu Bearing. Bearing atau disebut juga lahar merupakan tempat dudukan komponen pinion gear.

Selain itu, bearing juga digunakan sebagai dudukan komponen-komponen dari differential lain yang berputar. 

  • Differential Carrier
Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/106147010_s1.jpg

Apa Itu Oli Palsu?

Beredarnya oli palsu membuat pemilik kendaraan roda empat atau roda dua harus terus waspada. Khususnya bagi Anda yang tidak pernah mengecek kemasan oli dan hanya mempercayakan kepa...

selengkapnya