Tips & Trik

Ketahui, Ini Komponen Differential dan Fungsinya Pada Mobil

PUBLISHED DATE : 18 Februari 2022

69441946 S

Differential atau juga disebut dengan gardan merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting pada mobil.

Komponen differential digunakan untuk meneruskan tenaga mesin yang berasal dari proses pembakaran ke poros roda agar dapat berjalan tanpa selip.

Dengan adanya differential, dapat membuat roda mobil membelok dengan aman. Lalu, apa sebenarnya komponen yang ada dalam differential pada mobil?.

Agar lebih jelas, simak informasi tentang komponen differential dan fungsinya, serta tanda differential mengalami kerusakan berikut ini.

Fungsi Differential

Differential (Gardan) merupakan komponen yang terletak pada bagian bawah mobil baik di roda depan maupun roda belakang.

Fungsi utama dari differential yaitu membagi putaran yang berasal dari transmisi ke roda kiri dan kanan yang disesuaikan dengan kondisi kendaraan.

Beberapa komponen yang ada dalam differential berperan dalam membedakan putaran pada roda kanan dan kiri diantaranya differential carrier, pinion gear, dan side gear. Ketika mobil belok ke kiri, side gear kiri akan bergerak untuk melawan pinion gear agar tidak melakukan perputaran.

Putaran yang diterima pada roda kanan dan kiri harus berbeda agar mobil dapat berbelok dengan mudah.

Jika putaran antara roda sama, maka ketika berbelok akan terjadi selip hingga ngepot (buang bodi) sehingga menimbulkan ketidaknyamanan saat berkendara menggunakan mobil tersebut. 

Komponen Differential dan Fungsinya

Differential memiliki banyak komponen yang saling bekerja sama untuk menjalankan sebuah mobil agar nyaman ketika digunakan.

Semua komponen differential saling berkaitan pada jarak yang presisi. Lalu, apa saja komponen tersebut? Simak daftarnya berikut ini.

  • Oil Seal

Baca Juga : Fungsi Kunci Pas Ring : Cara Penggunaan & Perbedaannya

Komponen pertama yang ada pada bagian ujung differential atau gardan adalah oil seal. Lebih spesifiknya, oil seal terletak di bagian rumah differential dan poros pinion gear. 

Fungsi dari oil seal pada differential yaitu untuk mencegah oli keluar dari differential. Oil seal sendiri terbuat dari bahan karet yang tahan dengan pelumas ataupun bahan bakar. 

  • Bearing

Komponen lain pada differential yaitu Bearing. Bearing atau disebut juga lahar merupakan tempat dudukan komponen pinion gear.

Selain itu, bearing juga digunakan sebagai dudukan komponen-komponen dari differential lain yang berputar. 

  • Differential Carrier

Differential carrier atau disebut juga sebagai differential case merupakan salah satu komponen pada differential yang berfungsi sebagai rumah.

Komponen ini berfungsi sebagai pelindung sekaligus tempat menempelnya komponen-komponen differential yang lain.

  • Drive Pinion Gear

Drive pinion gear juga masuk dalam bagian komponen differential. Komponen ini memiliki bentuk yang menyerupai nanas yang terkelupas sehingga banyak orang yang menyebutnya sebagai gigi nanas. 

Dengan bentuknya, drive pinion gear cocok digunakan untuk menyalurkan tenaga secara efisien. Drive pinion gear juga disebut sebagai hypoid gear. 

Fungsi dari Drive Pinion adalah sebagai komponen pertama yang menerima putaran utama yang nanti akan diteruskan ke komponen ring gear.

  • Ring Gear

Ring gear merupakan komponen terbesar yang ada pada differential. Komponen ini berbentuk roda gigi yang menyerupai ring atau cincin.

Ring gear berfungsi untuk menerima putaran yang berasal dari drive pinion yang nantinya akan diteruskan ke komponen selanjutnya yaitu side gear.

Ring gear dan pinion drive disebut sebagai rangkaian final gear pada differential. Hal tersebut disebabkan karena keduanya terletak pada bagian akhir sistem powertrain mobil.

  • Side Gear

Komponen berikutnya yang ada di differential adalah side gear. Dalam differential, terdapat dua buah side gear yang berfungsi untuk menerima putaran dari ring gear yang kemudian akan diteruskan ke roda melalui poros axle shaft.

Axle shaft sendiri terdapat dua macam yaitu axle shaft housing dan axle shaft housing cap. Axle shaft housing berfungsi sebagai penutup utama pada sistem differential dan as roda.

Sementara axle shaft housing cap berbentuk tutup dengan banyak baut agar dapat mengeluarkan oli dengan mudah.

  • Differential Pinion Gear

Salah satu komponen differential yang lain adalah differential pinion gear. Komponen ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan side gear. Namun, differential pinion gear memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan side gear.

Letak differential pinion gear menempel pada kedua side gear pada differential. Berdasarkan letaknya, komponen ini berfungsi untuk mengatur putaran side gear pada kanan dan kiri yang disesuaikan dengan keadaan kendaraan.

  • Bearing Adjusting Nut

Bearing Adjusting Nut termasuk komponen pada differential yang berfungsi untuk mengatur jarak titik temu antara ring gear (Backlash) dengan drive pinion. Komponen ini berbentuk piringan bulat dan berlubang.

  • Pinion Shaft

Komponen berikutnya yang ada pada differential yakno pinion shaft. Pinion Shaft merupakan komponen dalam differential yang berfungsi untuk menghubungkan differential gear.

  • Bearing Cap (Tutup Bantalan)

Salah satu komponen yang cukup penting pada differential yaitu bearing cup. Komponen ini berfungsi untuk mengikat differential case. Karena komponen ini krusial, pemasangannya tidak bisa dilakukan dengan sembarangan.

Pemasangan bearing cup harus pas sesuai dengan standar pabrikan, tidak boleh kendor ataupun terlalu ketat. Jika pemasangan tidak sesuai, maka akan menyebabkan kerusakan pada komponen yang lain.

Tanda Differential Mengalami Kerusakan

166693678_s

Setelah memahami komponen differential dan fungsinya, pahami juga tanda-tanda kerusakan komponen ini. Kerusakan pada differential sendiri akan sangat berpengaruh terhadap kinerja sebuah mobil. 

Ada beberapa tanda yang muncul jika terdapat kerusakan pada differential mobil. Untuk itu, simak beberapa tanda differential mengalami kerusakan berikut ini agar dapat segera diperbaiki.

  • Terjadi Kebocoran Oli Differential

Baca Juga : Tidak Sulit, Begini Cara Simple Merawat Aki Mobil

Tanpa pertama yang mengindikasikan bahwa differential mengalami kerusakan yaitu adanya kebocoran oli pada bagian ini.

Adanya kebocoran oli differential dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya pemasangan baut tap oli yang kurang kencang.

Selain itu, kebocoran tersebut juga dapat terjadi karena telah aus atau draf baut yang tidak dapat bekerja dengan baik lagi. Jika menemukan tanda tersebut, segera lakukan pengecekan pada differential Anda dan lakukan perbaikan.

  • Terdapat Getaran pada Differential Mobil

Tanda differential mengalami kerusakan lainnya adalah adanya getaran ketika mobil sedang berjalan. Getaran tersebut dapat terjadi karena adanya kerusakan pada bagian leher differential. 

Selain itu, getaran juga dapat berasal dari gear differential yang sudah ambrol. Ambrolnya differential biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor usia, kualitasnya kurang baik (imitasi), atau pengaturan pemasangan yang salah.

Adanya kerusakan pada differential akan menyebabkan ketidaknyamanan saat berkendara.

Agar tidak terlanjur terjadi kerusakan, sebaiknya lakukan pengecekan rutin terhadap differential tersebut dan pastikan dalam keadaan baik sebelum digunakan untuk berkendara.

  • Terdapat Suara Dengung

Selain getaran, adanya suara dengung pada mobil juga dapat menjadi indikasi bahwa differential mengalami kerusakan.

Untuk memastikan suara dengung tersebut, matikan semua perangkat audio yang ada pada mobil Anda dan jalankan kendaraan pada tempat yang sepi. 

Jika salah satu tanda yang sudah disebutkan diatas muncul, maka kemungkinan mobil Anda mengalami kerusakan differential.

Apabila Anda menemukan tanda kerusakan tersebut pada komponen differential mobil, segera bawa ke bengkel resmi Suzuki terdekat dan perbaiki.

Lalu, dimana Anda bisa menemukan informasi seputar bengkel-bengkel ini? Tenang, kini ada banyak dealer lokal Suzuki yang menyediakan informasi lokasi dan seputarnya. Anda bisa kunjungi salah satu web berikut, sesuai wilayah yang dijadikan rujukan. 

  1. Sejahtera Sumberbaru Trada di Jakarta Timur -suzukidealerkalimalang.id
  2. Sejahtera Armada Trada di Depok - suzukimargondadepok.co.id
  3. Sumber Baru Aneka Mobil di Jakarta - suzukisbam.co.id
  4. Duta Cendana Adimandiri di Jawa Barat - suzukidutacendana.co.id
  5. Dwiperkasa Mobiltama di Jawa Barat - suzukidwiperkasa.co.id
  6. Armada Perkasa Mobilindo Jakarta Selatan - suzukiarmada.co.id
  7. Handijaya Buana Trada Jakarta Utara - suzukigunungsahari.co.id
  8. Sejahtera Buana Trada Jabeidetabek - suzukitrada.co.id
  9. Indomobil Multi Trada Jakarta Selatan - indomobilsuzukidealer.co.id 
  10. Sun Motor Jakarta Banten - suzukisunmotor.com
  11. Citra Asri Buana di Jawa Barat - suzukidealercab.co.id
  12. Trimitra Sejahtera Mobilindo Jawa Barat - suzukitrimitra.co.id
  13. Pusaka Motor Utama Jawa Barat - suzukipusaka.co.id
  14. Restu Mahkota Karya - suzukimahkota.co.id
  15. Armada Banda Jaya di Aceh - suzukiaceh.co.id
  16. Arista Sukses Abadi - Medan - suzukiarista.com
  17. Trans Sumatra Andalan di Sumatera Utara - tsasuzuki.com
  18. Rodamas Makmur Motor di Batam - suzukimobilbatam.co.id
  19. Arista Sukses Abadi - TP - suzukipinang.com
  20. Sejahtera Buana Trada - Riau - suzukimobilriau.co.id 
  21. Elang Perkasa Motor di Sumatera Barat - suzukiepmsumbar.co.id
  22. Jaya Indah Motor di Jambi - suzukijambi.co.id
  23. Kangaroo Motor Mandiri di Bengkulu - suzukibengkulu.co.id
  24. Nusa Sarana Citra Bakti di Sumatera Selatan- suzukithamrin.co.id
  25. Jagorawi Motor d Bangka Belitung - suzukijagorawi.co.id
  26. Persada Lampungraya di Lampung - suzukilampung.co.id

Berita Lainnya