Tips Memilih Filter Oli Mesin yang Cocok untuk Mobil Kesayangan
PUBLISHED DATE : 16 April 2018

Filter oli merupakan salah satu komponen penting dalam mobil. Sesuai dengan namanya, komponen tersembunyi ini bertugas untuk menyaring oli mesin sebelum disalurkan ke seluruh komponen internal mesin yang bergerak.
Filter oli memastikan tidak ada jelaga, kotoran atau metal yang bisa lolos sehingga bisa membahayakan ri komponen mesin yang saling bergesekan. Karena fungsinya ini, sangat penting untuk memperhatikan kualitas dari filter oli mobil Anda.
Bagaimana jika harus dilakukan pergantian?
Baca Juga : Panduan Merawat Oli Shock Breaker Depan Sepeda Motor
Untuk Anda yang ingin mengganti filter oli karena sudah tidak layak pakai, sangat disarankan untuk memilih yang sesuai dengan part number dari spek kendaraan tersebut. Jangan lupa, gunakan produk filter oli original yang bisa Anda dapatkan di bengkel atau penjual spare part resmi Suzuki.
Selain pergi ke bengkel atau penjual spare part resmi Suzuki, Anda pun bisa mengambil risiko dengan mencoba produk aftermarket. Tapi sebelum melakukannya, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini.
- Pilih saringan oli yang ulir dan diameter lubangnya cocok untuk mobil Anda. Jangan dipaksakan, pasalnya berisiko menyebabkan filter tidak kencang, atau bahkan malah bocor dan merusak part lainnya.
- Pastikan filter oli menggunakan katup by-pass. Fungsi katup by-pass ini sebagai jalan alternatif oli untuk mengalir saat terjadi sumbatan pada filter oli.
- Jika memang dibutuhkan, pastikan filter oli tersebut memiliki katup anti balik. Fungsinya, untuk melihat posisi pengikat filter oli dengan motor.
Jika posisi pengikat filter oli berada di bawah dan posisinya horizontal, sebaiknya carilah filter oli yang dilengkapi dengan katup anti balik. Pasalnya, jika tidak dilengkapi katup anti balik, saat mesin mati, oli yang berada di dalam filter justru bisa kembali ke bak penampung oli atau karter.
Baca Juga : Bahaya Paksakan Pakai Minyak Rem Motor di Luar Spesifikasi
Jika dibiarkan, kondisi ini akan membuat mesin cepat rusak karena saat mesin dihidupkan, oli butuh waktu yang cukup lama untuk bersirkulasi normal, sementara mesin sudah terlanjur menyala.
Katup anti balik sendiri terdiri dari komponen ring karet dengan ring baja yang berbentuk piringan. Nah, ring di dalam katup anti balik inilah yang berfungsi sebagai pegas untuk menutup dan memaksa oli tetap berada di dalam mesin saat mobil dimatikan. Semoga membantu!