Tips & Trik

Bahaya Paksakan Pakai Minyak Rem Motor di Luar Spesifikasi

PUBLISHED DATE : 05 September 2019

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Bahaya-Paksakan-Pakai-Minyak-Rem-Motor-di-Luar-Spesifikasi.jpg

Anda pemilik kendaraan sepeda motor mungkin ada yang belum tahu bahwa pemakaian minyak rem sepeda motor itu wajib disesuaikan dengan kemampuan sistem pengereman yang ada di sepeda motor milik Anda. Kenapa? Karena penggunaan minyak rem yang tidak sesuai dengan spesifikasinya bisa membahayakan Anda selaku pengendara motor.

Contoh sederhananya, pemakaian minyak rem dengan DOT yang terlalu tinggi bisa berisiko menimbulkan masalah pada rem atau biasa disebut dengan rem blong.

Kenapa bisa mengantri rem blong?

Baca Juga : Kapan Sebaiknya Busi Motor Diganti

Tidak sedikit pengendara motor yang saat ini memutuskan memakai minyak rem dengan DOT yang tinggi-tinggi, seperti DOT 4 atau DOT 5. Namun ingat, sistem pengereman, seperti komponen selang masih dalam kondisi standar. Contoh kasus, .sistem rem yang seharusnya memakai minyak rem DOT 3, tetapi kemudian dipaksa memakai minyak rem DOT 4 atau 5.

Tampaknya memang tidak berbahaya tapi ingat saat minyak rem mencapai titik didih akan bisa sangat berbahaya dan menyebabkan rem blong. Anda harus tahu bahwa semakin tinggi DOT-nya maka akan semakin tinggi juga titik didih dari minyak rem. 

Jika tidak didukung oleh selang rem yang bagus, maka selang rem bisa melar karena panas, dan akhirnya berisiko menyebabkan rem blong. Yang harus selalu diingat adalah minyak rem akan meningkat suhunya saat digunakan. Saat sepeda motor melakukan hard breaking, panas di bagian kaliper bisa mendidihkan minyak rem.

Baca Juga : Wajib Dicatat! Ini Penyebab Kampas Kopling Motor Cepat Aus

Karena itu sebaiknya pakai minyak rem sesuai dengan spesifikasi pabrikan saja, cukup sesuaikan dengan DOT minyak rem pabrikan motornya. Kalau ingin memakai minyak rem dengan DOT yang lebih tinggi, agar lebih aman konsultasikan dahulu dengan mekanik Suzuki di bengkel resmi Suzuki.  

Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan bengkel resmi Suzuki terdekat, silakan klik link ini atau telepon Halo Suzuki di 0800 1100 800 (bebas pulsa)

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Kapan_Sebaiknya_Busi_Motor_Diganti1.png

Kapan Sebaiknya Busi Motor Diganti

Bagi orang yang sudah akrab dengan dunia otomotif, pastinya sudah tak asing lagi dengan yang namanya busi. Busi merupakan komponen pertama yang bekerja ketika motor dihidupkan untu...

selengkapnya