Tips & Trik

Tidak Sulit, Ini Cara Mengganti Minyak Rem Motor

PUBLISHED DATE : 12 Maret 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Nex_Cross_(1).jpg

Para pengendara sepeda motor harus tahu bagaimana cara mengganti minyak rem motor. Apalagi jika sering melakukan modifikasi pada motor, walaupun salah satu cairan yang dibutuhkan kendaraan ini tak perlu sering diganti.

Cairan rem ini sangat penting untuk menghentikan laju kendaraan saat digunakan. Jika minyak ini sudah keruh, maka harus diganti. Cara mengganti minyak rem motor tentu saja harus diperhatikan.

Tentu Anda tidak ingin kendaraan blong saat di rem, jadi cara penggantian yang benar pun harus diperhatikan. Tujuannya supaya tidak terjadi kebocoran atau rembes pada bagian kaliper rem atau master.

Baca Juga : Bukan Cuma Suara, Ini Perbedaan Knalpot Racing dan Standar

Nex_Cross__2_

Persiapan Ganti Minyak Rem Motor yang Harus Dilakukan

Selain membuat kendaraan blong saat direm, akibat lain yang akan didapatkan kendaraan adalah kebocoran yang merusak komponen lainnya yaitu seal karet dalam master dan kaliper rem.

Untuk mengetahui apakah sudah saatnya minyak rem diganti, Anda bisa mengintipnya dari lubang kaca pada master rem di stang. Apabila volumenya berkurang dan warnanya berubah akibat kontaminasi, maka harus segera diganti.

Baca Juga : Ternyata Ini Perbedaan Motor 4 Tak dan Motor 2 Tak

Ciri lainnya adalah ketika menggunakan rem, handle rem harus ditekan terlalu dalam dan pengereman sulit dilakukan. Ciri yang sudah Anda rasakan tersebut seharusnya segera dilanjutkan dengan tindakan ganti minyak rem motor.

Pengecekan adalah tindakan pertama sebagai persiapan sebelum penggantian minyak rem. Persiapan lainnya adalah  membeli minyak rem cakram di bengkel resmi terdekat. Untuk alat penggantinya hanya perlu obeng dengan mata plus (+) dan kunci sesuai ukuran niple.

Ukuran obeng harus sama dengan sekrup pada master rem di stang motor. Siapkan kain kering untuk mengelap apabila minyak rem tumpah dan selang plastik bening yang bisa dibeli di toko bangunan.

Baca Juga : Harus Rajin, Ini Penyebab Oli Motor Cepat Habis

Apabila semua alat dan minyak rem sudah disiapkan, Anda bisa mulai untuk menggantinya.

Cara Mengganti Minyak Rem Motor dengan Mudah

Cara kerja dari minyak rem adalah mengalir dari tuas ke kaliper rem dan membentuk tenaga pada kampas rem. Jadi komponen yang membuat rem blong bukan hanya terdapat pada kampas rem saja.

Jika volume dari minyak rem ini berkurang dan bercampur udara, maka tenaga yang disalurkan tidak maksimal dan mengakibatkan rem blong. Udara bisa saja masuk jika cara mengganti minyak rem motor salah.

Udara ini bisa dilihat dari gelembung pada selang saat pengisian minyak rem. Cara mengganti minyak rem motor dengan yang baru adalah mengisinya langsung dari bagian master rem. Sebelumnya minyak rem lama harus dikeluarkan sampai bersih.

Langkah ini tergolong sangat mudah dan juga bisa dilakukan jika terjadi permasalahan udara dalam minyak rem. Ketika volume minyak masih banyak dan kualitasnya bagus tapi rem tetap tidak pakem, maka saat ganti minyak rem motor keluarkan terlebih dahulu udaranya.

Berikut ini beberapa langkah mudah yang biasanya dilakukan.

  1. Pemasangan selang kecil transparan pada niple bledder

Pertama-tama Anda harus memasang selang yang tadi sudah dipersiapkan terlebih dahulu pada baut bleeder. Fungsinya untuk mengeluarkan minyak rem nantinya.

Caranya adalah buka dulu baut bleeder dengan menggunakan kunci ring yang ukurannya sesuai.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya