Tips & Trik

Stabilizer Rantai Motor: Ini Fungsi dan Manfaatnya

PUBLISHED DATE : 22 Oktober 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/121332611_s1.jpg

Kenyamanan saat berkendara sangat penting untuk diperhatikan. Dengan rutin merawat motor, bisa dipastikan motor akan tetap dalam kondisi prima.

Selain melakukan perawatan, penambahan komponen lain seperti stabilizer rantai motor juga akan memberikan kenyamanan lebih.

Perlu Anda ketahui bahwa stabilizer ada beberapa macam, seperti stabilizer stang, stabilizer shock depan, sampai dengan stabilizer untuk rantai motor.

Baca Juga : Mengenal Lebih Dekat Jenis Karburator Motor

Penggunaan stabilizer rantai sendiri berfungsi untuk membuat rantai motor lebih stabil. Untuk lebih jelasnya, simak dalam penjelasan berikut.

Apa Itu Stabilizer Rantai Motor?

Untuk membuat motor menjadi lebih tangguh, Anda bisa menggunakan stabilizer rantai, khususnya untuk bisa menaklukan medan offroad yang ekstrim.

Baca Juga : Perlu Tahu, Ini Cara Kerja Rem Cakram Pada Kendaraan

Oleh karena itu, motor trail sering dilengkapi dengan stabilizer yang terpasang pada rantai motor agar rantai lebih stabil.

Komponen atau aksesoris motor satu ini merupakan perangkat penting yang harus dipasang pada beberapa jenis motor.

Stabilizer pada rantai motor ini bisa Anda tempatkan pada bagian depan roda gigi belakang. Bentuknya seperti kotak rantau kecil dengan karet pada bagian tengahnya. 

Baca Juga : Busi Racing untuk Motor Harian, Amankah?

Stabilizer ini biasanya memiliki bantalan roda yang akan menyangga rantai. Roda tersebut akan ikut berputar selaras dengan putaran gear.

Stabilizer untuk rantai ini bisa juga disebut dengan tensioner rantai, biasanya akan disangga besi dan disematkan di bagian swing-arm motor.

Fungsi Stabilizer Rantai Motor

Stabilizer atau tensioner rantai motor memiliki fungsi untuk menjaga stabilitas rantai. Jadi fungsi utamanya memang untuk menghindari rantai geser atau terlepas. Berikut beberapa fungsi dari stabilizer rantai motor yang perlu Anda ketahui.

  • Menjaga Rantai Tetap Pada Jalurnya

Pernahkah Anda berbelok atau menikung dengan rantai yang berbunyi suara “grek/ kreek”? Hal tersebut dikarenakan gir belakang bergesekan dengan bagian tepi rantai, bukan tengah mata rantai. Nah inilah fungsi stabilizer pada motor Anda, apalagi untuk motor trail.

Fungsi ini merupakan salah satu fungsi utama dari dipasangnya stabilizer pada rantai motor Anda.

Dengan menggunakan komponen tambahan ini, rantai akan tetap pada jalurnya. Dengan kata lain stabilizer ini berfungsi sebagai stabilizing  dan balancing.

  • Menekan Posisi Rantai yang kendor

Fungsi penting lainnya adalah dengan menekan posisi rantai kendor pada motor agar tetap stabil ketika berada di jalan. Jika Anda membawa motor ke mekanik untuk mengecek, biasanya akan disarankan untuk mengencangkan rantai kembali setiap 500 km.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya