Tips & Trik

Perbedaan Petal Disc Brake dengan Rem Cakram Biasa

Beberapa motor keluaran terbaru saat ini menggunakan piringan cakram model bergelombang, atau sering dinamakan dengan sebutan petal disc, seperti Suzuki Satria FU FI dan GSX-150 series. Selain bentuknya yang memang berbeda dengan rem cakram biasa, apa sih perbedaan dan kelebihannya dibanding rem cakram biasa?

Setidaknya ada 4 kelebihan pemakaian cakram model petal disc ini dibanding cakram biasa yang berbentuk bulat solid. Berikut adalah kelebihannya.

  1. Dari segi penampilan model petal disk terlihat mampu meningkatkan sisi estetika komponen rem menjadi terlihat lebih keren.
  2. Bentuk yang bergelombang pada petal disc mampu menarik udara lebih banyak masuk ke bagian dalam kaliper piston rem, sehingga bisa membantu pendinginan permukaan cakram yang terkena gesekan menjadi lebih cepat. Sebagai informasi, permukaan cakram merupakan bagian terluar mesin yang paling banyak menerima tekanan panas berlebih, terutama kalau sering melakukan pengereman dengan durasi yang lama.
  3. Secara bobot, piringan cakram model petal disc lebih ringan jika dibandingkan dengan cakram biasa dengan ukuran diameter yang sama.
  4. Feel pengereman mirip ABS. Karena area permukaan disk yang punya desain bergelombang, maka kadang kanvas menerima gesekan area cakram yang luas dan berganti bergesekan dengan area yang lebih kecil karena bentuk gelombang tadi. Ketika pengereman momen gesekan ini terjadi berulang-ulang, efek yang dirasakan akan sangat mirip dengan seperti sistem kerja rem ABS.

Itulah beberapa kelebihan petal disc brake ketimbang rem cakram biasa. Semoga bermanfaat dan bila ada masalah rem pada motor Anda, segeralah bawa ke bengkel motor resmi Suzuki terdekat. Montir berpengalaman Suzuki siap melayani Anda dengan senang hati!

Berita Lainnya

Tips Mudah Merawat Motor Baru

Sepeda motor saat ini menjadi salah satu transportasi utama di negara kita, khususnya ibukota Jakarta. Kemampuannya dalam melewati jalanan yang padat di Jakarta membuat hampir semu...

selengkapnya