Tips & Trik

Mesin Sulit Distarter? Mungkin Ini Penyebabnya

PUBLISHED DATE : 20 Juli 2018

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Mesin_Sulit_Distarter_Mungkin_Ini_Penyebabnya.jpg

Jika sepeda motor masih bisa menggunakan kick starter saat aki ngadat. Tapi bagi mobil, hal ini tidak bisa dilakukan. Kalau tidak dengan cara didorong, aki ngadat baru bisa diakalin dengan cara suntik aki dari mobil lainnya. Merepotkan bukan?

Nah sebelum Anda memvonis aki soak, sebaiknya cek dulu beberapa hal berikut ini yang umumnya jadi biang kerok mobil susah distarter, bahkan tidak hidup sama sekali.

Altenator

Baca Juga : Yuk Mengenal Komponen Aki Kering dan Basah

Altenator merupakan komponen vital pada mobil yang berfungsi sebagai penyuplai listrik menuju aki. Jika altenator rusak, umumnya mobil tetap tidak akan bisa menyala, meskipun Anda sudah menggantinya dengan aki yang baru sekalipun.

Untuk mengatasi masalah ini, mau tidak mau Anda harus membawa mobil ke bengkel. Atau kalau ingin lebih praktis, panggil saja 24 Hours Suzuki Emergency Roadsite Assistant, yang akan memandu Anda untuk mengatasi permasalahan alternator di tengah jalan.

Kalau masih belum tertangani, Anda bisa memanfaatkan layanan Mobil Gendong (Towing) dari Suzuki, dengan hanya menelpon cal center Halo Suzuki di nomor 0800-1100-800.

Baca Juga : Jangan Asal Ganti Rantai Motor, Kenali Dulu Spesifikasinya!

Dinamo Starter

Selain altenator, mobil yang tidak bisa distarter bisa disebabkan karena rusaknya dinamo starter. Untuk kondisi, selama gir dinamo tidak selip, masalah ini masih bisa diakali, minimalnya agar mobil bisa jalan hingga ke bengkel.

Selama ini, alternator dan dinamo merupakan dua komponen yang jarang rusak. Biasanya, kerusakan hanya terjadi ketika usia pakainnya sudah melebihi batas maksimal (biasanya 8-10 tahun), atau karena kualitas alternator dan dinamo yang digunakan dibawah standar.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Engine Brake

Untuk mencegah hal ini, Anda sangat disarankan untuk melakukan pengecekan secara berkala di bengkel resmi Suzuki. Jangan ragu untuk meminta saran atau meminta teknisi melakukan pengecekan kedua komponen ini saat melakukan services rutin.

Sama saat mengalami kerusakan alternator, Anda pun bisa memanfaatkan layanan 24 Hours Suzuki Emergency Roadsite Assistant saat kondisi ini menimpa Anda di tengah jalan. Selamat berkendara, semoga bermanfaat!

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/rem.jpg

Mengenal Apa Itu Engine Brake

Pengoperasian mobil matic yang mudah yaitu hanya dengan mengandalkan pedal gas dan rem membuat jenis mobil ini lebih banyak diproduksi dan digunakan. Namun masih banyak yang mengal...

selengkapnya