Tips & Trik

Stabilizer Rantai Motor: Ini Fungsi dan Manfaatnya

PUBLISHED DATE : 22 Oktober 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/121332611_s1.jpg

Kenyamanan saat berkendara sangat penting untuk diperhatikan. Dengan rutin merawat motor, bisa dipastikan motor akan tetap dalam kondisi prima.

Selain melakukan perawatan, penambahan komponen lain seperti stabilizer rantai motor juga akan memberikan kenyamanan lebih.

Perlu Anda ketahui bahwa stabilizer ada beberapa macam, seperti stabilizer stang, stabilizer shock depan, sampai dengan stabilizer untuk rantai motor.

Baca Juga : Tips Memilih Filter Oli Mesin yang Cocok untuk Mobil Kesayangan

Penggunaan stabilizer rantai sendiri berfungsi untuk membuat rantai motor lebih stabil. Untuk lebih jelasnya, simak dalam penjelasan berikut.

Apa Itu Stabilizer Rantai Motor?

Untuk membuat motor menjadi lebih tangguh, Anda bisa menggunakan stabilizer rantai, khususnya untuk bisa menaklukan medan offroad yang ekstrim.

Baca Juga : Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Minyak Rem?

Oleh karena itu, motor trail sering dilengkapi dengan stabilizer yang terpasang pada rantai motor agar rantai lebih stabil.

Komponen atau aksesoris motor satu ini merupakan perangkat penting yang harus dipasang pada beberapa jenis motor.

Stabilizer pada rantai motor ini bisa Anda tempatkan pada bagian depan roda gigi belakang. Bentuknya seperti kotak rantau kecil dengan karet pada bagian tengahnya. 

Baca Juga : Alasan Jangan Memakai Kompresor Saat Mengganti Oli

Stabilizer ini biasanya memiliki bantalan roda yang akan menyangga rantai. Roda tersebut akan ikut berputar selaras dengan putaran gear.

Stabilizer untuk rantai ini bisa juga disebut dengan tensioner rantai, biasanya akan disangga besi dan disematkan di bagian swing-arm motor.

Fungsi Stabilizer Rantai Motor

Stabilizer atau tensioner rantai motor memiliki fungsi untuk menjaga stabilitas rantai. Jadi fungsi utamanya memang untuk menghindari rantai geser atau terlepas. Berikut beberapa fungsi dari stabilizer rantai motor yang perlu Anda ketahui.

  • Menjaga Rantai Tetap Pada Jalurnya

Pernahkah Anda berbelok atau menikung dengan rantai yang berbunyi suara “grek/ kreek”? Hal tersebut dikarenakan gir belakang bergesekan dengan bagian tepi rantai, bukan tengah mata rantai. Nah inilah fungsi stabilizer pada motor Anda, apalagi untuk motor trail.

Fungsi ini merupakan salah satu fungsi utama dari dipasangnya stabilizer pada rantai motor Anda.

Dengan menggunakan komponen tambahan ini, rantai akan tetap pada jalurnya. Dengan kata lain stabilizer ini berfungsi sebagai stabilizing  dan balancing.

  • Menekan Posisi Rantai yang kendor

Fungsi penting lainnya adalah dengan menekan posisi rantai kendor pada motor agar tetap stabil ketika berada di jalan. Jika Anda membawa motor ke mekanik untuk mengecek, biasanya akan disarankan untuk mengencangkan rantai kembali setiap 500 km.

Akan tetapi, biasanya belum ada 300km rantai sudah mulai kendor. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa menggunakan stabilizer rantai. Fungsi pemasangan komponen untuk menutupi kekendoran sementara. 

Selain itu, roda nantinya akan membantu menyangga rantai saat bergerak dan mengurangi suara gesekan dengan swing arm.

  • Mencegah Rantai Lepas

Saat mengendarai motor trail, biasanya ayunan suspensi sangat tinggi sehingga membuat rantainya akan cepat kendor. Apabila rantai dalam keadaan kendor, maka bisa membuat rantai tersebut lepas dari gear. 

  • Meredam Getaran Rantai

Pemasangan tension rantai atau stabilizer untuk motor ini dapat meredam getaran yang terjadi pada rantai.

Suara berisik pada rantai bisa disebabkan karena gesekan rantai dengan gear akibat rantai kendor. Selain itu, biasanya akan bersuara jika pelumasnya kering.

  • Pembersih Rantai

Ini merupakan fungsi dari stabilizer pada rantai motor yang belum banyak diketahui, yaitu membersihkan rantai motor yang kotor terkena lumpur.

Rantai yang penuh lumpur ataupun tanah dan kotoran lain akan menurunkan performa motor. Apalagi untuk jenis motor trail yang biasanya memang medannya kotor.

124620079_s

Manfaat Stabilizer Rantai Motor

Fungsi-fungsi stabilizer cukup banyak dan bisa membuat rantai menjadi lebih awet karena performa dan kekencangannya terjaga. Selain itu, ada beberapa manfaat lagi yang bisa Anda rasakan jika menggunakan stabilizer pada rantai motor.

  • Ketegangan Rantai Motor Terjaga

Manfaat pertama yang pasti Anda rasakan bagi pengendara motor yang menggunakan stabilizer yaitu ketegangan pada rantai motor. Dengan kondisi rantai yang tetap tegang, maka dapat menjalankan fungsinya dalam menyelaraskan motor dengan kondisi jalan.

Contohnya saja saat kondisi jalan bergelombang, maka rantai akan ikut naik dan turun, menyesuaikan dengan gaya dari shock absorber yang terpasang pada suspensi belakang. 

Dengan adanya komponen yang berfungsi sebagai penstabil, maka kondisi rantai akan tetap tegang seperti seharusnya.

  • Rantai Tetap Kencang

Selanjutnya selain menjaga ketegangan pada rantai, fungsi stabilizer ini bisa menekan rantai ketika kondisi sedang kendur.

Dengan menstabilkan rantai, maka tarikan gear depan yang menuju gear gigi belakang akan kencang, sehingga menambah akselerasi motor ketika berada di jalan rusak.

  • Getaran Rantai Akan Berkurang

Sudah disebutkan bahwa salah satu fungsi dari stabilizer ini adalah untuk meredam getaran sekaligus suara yang keluar dari rantai.

Suara rantai yang lebih halus menjadi sesuatu yang sangat diidamkan pengendara motor karena memberikan kenyamanan tersendiri saat berkendara.

Kemampuan dalam meredam getaran dan suara ini tidak terlepas dari adanya bantalan karet yang dipasang pada jalur rantai tersebut.

Stabilizer dan bantalan karet saling membantu dalam menstabilkan rantai untuk tetap berjalan pada jalurnya sehingga tidak menimbulkan gesekan dan bunyi.

  • Gir Tidak Bersuara

Selain rantai yang awet dan tidak bersuara, ternyata stabilizer yang dipasang pada rantai motor juga bisa membuat gir menjadi awet.

Hal ini karena berkurangnya gesekan antara gir dan bagian sisi rantai. Anda bisa ganti gir lebih jarang, sekitar  6 bulan lebih untuk motor yang digunakan pada medan yang sulit.

  • Menambah Keren Penampilan Motor

Ini sebenarnya adalah manfaat tambahan yang akan didapatkan dengan memasang stabilizer pada rantai motor Anda.

Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pilihan model stabilizer yang menarik dan keren. Bahkan Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk membeli stabilizer rantai.

Kisaran Harga Stabilizer Rantai Motor

Setelah Anda mengetahui fungsi dan manfaat yang akan dirasakan jika menggunakan stabilizer atau tensioner rantai motor, info selanjutnya adalah mengenai harganya.

Harga rata-rata stabilizer bukanlah aksesoris motor yang mahal, banyak di antaranya dijual dengan harga berkisar Rp100.000.

Selain itu cara pasang untuk stabilizer pada setiap motor agak berbeda dan harus presisi. Dalam pemasangannya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Misalnya seperti saat memasukkan stabilizer pada bagian arm, serta saat mengencangkan stabilizer pada rantai dan mengatur ketinggian body stabilizer.

Oleh karena itu jika Anda ingin melakukan pemasangan stabilizer rantai motor, sebaiknya lakukan di bengkel resmi 2W Suzuki terdekat di kota Anda. Pastikan untuk datang ke bengkel motor Suzuki resmi agar kendaraan kesayangan Anda mendapatkan perawatan dan penanganan yang tepat.

Berita Lainnya