Tips & Trik

Awas, Ini Gejala Rack Steer Rusak dan Komponennya

PUBLISHED DATE : 07 November 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/33256193_s.jpg

Kaki-kaki mobil menjadi bagian yang harus diperhatikan pada kendaraan mobil. Perilaku pengendara yang ‘ngawur’ bisa merusak bagian kaki-kaki, khususnya rack steer yang berfungsi menghubungkan dengan lingkar kemudi. 

Fungsi utama dari rack steer adalah sebagai penghubung antara kemudi dengan roda serta suspensi yang termasuk bagian dari kaki-kaki mobil. Perannya sangat besar, khususnya untuk mobil dengan power steering

Komponen ini mudah rusak yang gejalanya dapat dideteksi sejak dini. Apa saja gejala serta penyebabnya bisa disimak berikut ini. 

Gejala Kerusakan Rack Steer yang Harus Diwaspadai

Baca Juga : Ketahui, Ini Fungsi Propeller Shaft dan Komponennya

Kerusakan yang terjadi pada komponen penghubung steer dengan kaki-kaki mobil ini berakibat sangat berbahaya. Efeknya adalah Anda akan merasa tidak nyaman mengemudi karena akan terasa kehilangan kendali roda. 

Kehilangan kendali otomatis mempermudah terjadinya kecelakaan yang sangat berbahaya. Membiarkan kerusakan terus menerus juga tidak baik, karena biaya perbaikan akan bertambah besar. 

Rack steer adalah komponen yang cukup mahal dan sulit untuk diperbaiki. Anda harus bersiap kantong jebol jika memang harus menggantinya. Oleh karena itu memperhatikan gejala rack steer rusak berikut ini akan membantu Anda mendeteksi lebih dini. 

  1. Steer yang Terasa Bergetar

Baca Juga : Ternyata Ini Fungsi Gardan Mobil dan Fungsinya

Gejala pertama yang sangat terasa adalah steer yang digunakan terasa bergetar atau oblak ketika Anda membelokkan ke kanan atau ke kiri. Anda bisa mencobanya dengan membelokkan steer atau memutarnya hingga mentok. 

Tidak hanya bergetar saja, beberapa gejala bahkan akan mempersulit Anda untuk memutarnya. Baik itu pada saat dikendarai atau posisi mesin mati steer akan menunjukkan gejala yang sama. 

Secara umum alasan mengapa steer bergetar adalah karena rack steer sudah mengalami keausan. Sudah pasti kerusakan akan bertambah parah jika Anda tidak segera memperbaikinya. 

    2. Muncul Suara Memekik pada Bagian Roda

Baca Juga : Ternyata Ini Fungsi Oil Cooler, Jenis & Cara Kerjanya

Suara juga bisa menjadi cara mendeteksi kerusakan, khususnya pada bagian roda depan. Munculnya suara lebih ke arah memekik atau berdengung ketika Anda melaju di kecepatan yang rendah. 

Kondisi yang terjadi adalah biasanya bushing pada rack steer mengalami robek sehingga kotoran dan juga air akan masuk. Selanjutnya suara akan muncul dan cenderung berisik di bagian roda depan. 

Apabila muncul suara ini Anda tidak perlu panik karena bisa langsung diatasi di bengkel resmi terdekat. 

    3. Kebocoran pada Seal

Hal ketiga yang perlu diperhatikan adalah pada mobil yang belum menggunakan  sistem Electronic Power Steering (EPS). Biasanya gejala yang muncul adalah terlihat rembesan oli pada bagian seal. Sudah pasti, penyebabnya adalah masalah di rack steer. 

Untungnya jika yang terjadi adalah kebocoran ini Anda masih bisa mengatasi dengan mengganti seal. Oleh karena itu jika melihat kebocoran Anda tidak boleh menunda lagi untuk langsung ke bengkel. 

    4. Steer Terasa Berat ketika Dibelokkan

Pernahkah Anda membelokkan mobil namun steer terasa berat, padahal sudah menggunakan power steering. Alasannya hanya satu yaitu kerusakan pada rack steer. 

Efeknya adalah Anda tidak bisa membuat kendaraan berjalan lurus. 

Meskipun sudah meluruskan lingkaran kemudi, namun roda akan berjalan sendiri ke kanan atau ke kiri. Anda pun kehilangan kemudi pada roda dan sangat berbahaya sehingga bisa menimbulkan kecelakaan. 

    5. Tumpulnya Gigi Pinion dan Harmonika

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya