Tips & Trik

Mari Mengenal Warna dan Fungsi Sekring Mobil

PUBLISHED DATE : 28 Desember 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/fungsi_sekring_mobil.jpg

Kendaraan seperti mobil tentu memiliki banyak sekali komponen untuk dapat digerakkan sebagaimana mestinya. Bila satu komponen saja tidak dapat berfungsi dengan maksimal, maka akan menghambat kinerja komponen lain. Disini, sekring mobil adalah salah satu komponen penting tersebut.

Mobil merupakan komoditas yang cukup digemari oleh masyarakat luas. Ada banyak sekali pilihan atau tipe mobil yang dapat digunakan sehari-hari. Kembali lagi membahas sekring, karena komponen ini penting, maka Anda harus memahaminya dengan baik.  Berikut sedikit ulasan mengenai sekring tersebut.

Sekilas Tentang Sekring Mobil

Komponen pada mobil sedikit banyak dapat dipelajari oleh masyarakat awam. Pengetahuan tentang mobil ini bisa saja diakses oleh pemilik mobil, calon pemilik mobil, hingga montir.

Baca Juga : Jangan Asal Ganti Rantai Motor, Kenali Dulu Spesifikasinya!

Setiap komponen ini tidak dapat diremehkan keberadaannya, meskipun ukurannya tidak seberapa.  Hal ini sebagaimana sekring pada mobil. Sekring yang ada di mobil ini kurang lebih hampir sama dengan sekring yang juga ada pada kendaraan bermotor lainnya.

Adanya sekring ini akan membuat mobil menjadi lebih safety dalam mendeteksi arus listrik tidak normal dalam mobil. Ini adalah peran utama sekring pada mobil dalam menunjang kinerja aspek atau komponen lain dalam mobil.

Sesuai dengan dayanya, sekring untuk mobil diciptakan dalam beberapa varian. Varian tersebut biasanya ditemui dalam beberapa varian bentuk, varian warna, dan ukuran. Perbedaan bentuk, warna, juga ukuran biasanya menandakan perbedaan dalam dayanya.

Baca Juga : Mengenal Jenis Cairan yang Dibutuhkan oleh Mobil

Selengkapnya, tetap simak penjelasan di bawah ini agar paham bagaimana kinerja sekring mobil dan seperti apa sekring yang baik untuk performa kendaraan yang lebih maksimal.

Fungsi Sekring Mobil

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, setiap komponen memiliki fungsi masing-masing. Hal ini berlaku juga untuk sekring mobil. Meskipun ukurannya relatif kecil, sekring ini memiliki fungsi utama yang mampu memutus arus listrik.

Kondisi arus listrik pada kendaraan tak selamanya dalam keadaan normal. Pada saat-saat tertentu, kendaraan bisa mengalami kelebihan arus listrik yang beroperasi di dalamnya.

Baca Juga : Perlukah Ganti Ban Motor Saat Musim Hujan?

Peran sekring disini sangat dibutuhkan, yang mana fungsi sekring mobil dapat memotong arus listrik bila terjadi kelebihan muatan arus. Kendati demikian, adanya sekring juga tidak akan berpengaruh dalam kondisi normal.

Sekring juga tidak akan memotong arus jika arusnya normal, karena komponen ini mampu mendeteksi kondisi arus tersebut. Adanya sekring ini sudah pasti sangat dibutuhkan oleh kendaraan, termasuk mobil, untuk selalu menjaga performa mobil menjadi tetap seimbang.

Bentuk Sekring Mobil

Sekring yang biasa kita temui dalam mobil ini memiliki beberapa bentuk. Fungsi sekring mobil sendiri juga dapat dibedakan berdasarkan bentuknya ini.

Mengidentifikasi sekring berdasarkan bentuknya menjadi sangat mudah karena dengan perbedaan bentuklah karakteristik sekring bisa dikenali dengan mudah. Berdasarkan bentuknya, sekring ini dibagi menjadi beberapa jenis berikut.

  • Cartridge

Sekring jenis ini memiliki bentuk tabung yang pada bagian ujungnya dilengkapi dengan bahan logam. Pada dasarnya, sekring ini terbuat dari keramik yang mana bila dalam bentuk utuhnya, sekring ini berwarna transparan di bagian tengahnya.

Logam yang terdapat pada ujung sekring ini terlihat seperti besi dengan ukuran yang telah disesuaikan. Pada bagian ujung ini pula terdapat keterangan kode barang dan juga kapasitas jumlah arusnya.

  • Sekring Tabung

Hampir sama dengan cartridge, hanya saja jenis sekring ini terbuat dari kaca pada bagian tengahnya. Sekring jenis ini juga memiliki logam pada bagian ujungnya. Pada logam itulah terdapat kode dan ukuran muatan arus yang terdapat pada kapasitas sekring tersebut.

Saat ini, sekring tabung sudah sulit ditemukan. Pasalnya, sekring tabung biasa dimanfaatkan pada mobil yang familiar di era 80’an. Bagi pecinta mobil edisi lama, tentu sudah tak asing dengan tampilan sekring jenis ini.

  • Sekring Blade Atau Sekring Tancap
Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya