Tips & Trik

Mari Mengenal Warna dan Fungsi Sekring Mobil

PUBLISHED DATE : 28 Desember 2020

Fungsi Sekring Mobil

Setiap komponen ini tidak dapat diremehkan keberadaannya, meskipun ukurannya tidak seberapa.  Hal ini sebagaimana sekring pada mobil. Sekring yang ada di mobil ini kurang lebih hampir sama dengan sekring yang juga ada pada kendaraan bermotor lainnya.

Adanya sekring ini akan membuat mobil menjadi lebih safety dalam mendeteksi arus listrik tidak normal dalam mobil. Ini adalah peran utama sekring pada mobil dalam menunjang kinerja aspek atau komponen lain dalam mobil.

Sesuai dengan dayanya, sekring untuk mobil diciptakan dalam beberapa varian. Varian tersebut biasanya ditemui dalam beberapa varian bentuk, varian warna, dan ukuran. Perbedaan bentuk, warna, juga ukuran biasanya menandakan perbedaan dalam dayanya.

Selengkapnya, tetap simak penjelasan di bawah ini agar paham bagaimana kinerja sekring mobil dan seperti apa sekring yang baik untuk performa kendaraan yang lebih maksimal.

Fungsi Sekring Mobil

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, setiap komponen memiliki fungsi masing-masing. Hal ini berlaku juga untuk sekring mobil. Meskipun ukurannya relatif kecil, sekring ini memiliki fungsi utama yang mampu memutus arus listrik.

Baca Juga : Ketahui Ini Fungsi Camshaft dan Cara Kerjanya

Kondisi arus listrik pada kendaraan tak selamanya dalam keadaan normal. Pada saat-saat tertentu, kendaraan bisa mengalami kelebihan arus listrik yang beroperasi di dalamnya.

Peran sekring disini sangat dibutuhkan, yang mana fungsi sekring mobil dapat memotong arus listrik bila terjadi kelebihan muatan arus. Kendati demikian, adanya sekring juga tidak akan berpengaruh dalam kondisi normal.

Sekring juga tidak akan memotong arus jika arusnya normal, karena komponen ini mampu mendeteksi kondisi arus tersebut. Adanya sekring ini sudah pasti sangat dibutuhkan oleh kendaraan, termasuk mobil, untuk selalu menjaga performa mobil menjadi tetap seimbang.

Bentuk Sekring Mobil

Sekring yang biasa kita temui dalam mobil ini memiliki beberapa bentuk. Fungsi sekring mobil sendiri juga dapat dibedakan berdasarkan bentuknya ini.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya