Tips & Trik

Arti Kode Sekring Mobil dan Cara Membacanya Dengan Mudah

PUBLISHED DATE : 16 Desember 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/53285648_s.jpg

Jika mengalami masalah kelistrikan pada kendaraan seperti mobil, memang harus memahami masalahnya dengan baik. Sekring mobil menjadi komponen penting yang berpengaruh dalam hal ini. Sekring juga memiliki kode-kode tertentu. Karenanya, arti kode sekring mobil penting untuk Anda ketahui. 

Biasanya masalah kelistrikan mobil yang sering terjadi yaitu sekring putus, sehingga Anda harus membawanya ke bengkel atau memperbaikinya sendiri. Sebelum memperbaikinya, Anda harus mengenali cara baca kode sekring mobil dengan tepat. 

Apa Itu Kode Sekring Mobil?

Baca Juga : 4 Penyebab Terjadinya Radiator Bocor

Sekring mobil merupakan komponen utama kelistrikan kendaraan yang bisa berfungsi untuk mengalirkan daya listrik ke perangkat elektronik di dalam mobil. Pada sekring mobil, terdapat kode-kode tertentu yang menunjukkan besaran daya dan komponen mengalirnya arus listrik. 

Arti kode sekring berbeda-beda menurut keberadaannya. Misalnya saja pada bagian kabin dan ruang mesin. Cara membaca kode sekring mobil ini perlu dipelajari oleh pengemudi, pasalnya sistem kelistrikan dalam mobil cukup kompleks. 

Kode Sekring Pada Kabin

Baca Juga : Mengapa Cat Mobil Bisa Kusam? Cek Penyebabnya

Pada umumnya, kode sekring mobil terdapat pada kabin di bawah kemudi berbentuk kotak kecil.

Jika Anda melihat dengan detail pada bagian tersebut, maka dapat dilihat semua kode-kode pada sekring di dalamnya. Ini dia beberapa kode sekring yang biasa ada pada bagian kabin.

  • POWER

Kode POWER merupakan kode sekring untuk komponen Power Window. Untuk tegangan yang dimiliki komponen ini yaitu 30 Ampere.

  • (HTR SUB)

Baca Juga : Chasis Mobil: Pengertian, Komponen dan Jenis-Jenisnya

(HTR-SUB) adalah kode sekring yang terdapat pada sistem injeksi bakar sequential multisport. Beberapa sirkuit terkait lainnya antara lain sistem air conditioner. Tegangan yang dimiliki pada bagian ini adalah 7.5 Ampere.

  • IG1/BACK

Kode sekring ini menunjukkan sistem kelistrikan yang ada di piranti mobil. Misalnya flasher darurat, sistem starting, lampu mundur, meter, dan sistem air conditioner. Tegangan arus listrik rata-rata yang dimiliki bagian-bagian tersebut adalah 7.5 A.

  • ECU IG1

Kode ECU IG1 adalah kode sekring yang terdapat di beberapa komponen di dalam mobil. Contohnya pada SRS airbag system, anti-lock brake system, dan electric power steering. Tegangan arus listrik yang dimiliki pada komponen-komponen tersebut yaitu 7.5 A.

  • (DEF)

Kode sekring (DEF) terpasang pada defogger kaca belakang. Tegangan arus listrik yang dimiliki yaitu mencapai 20 Ampere. 

  • (D/L)

Sedangkan kode sekring (D/L), terdapat di sistem power door lock atau sistem penguncian pintu mobil. Tegangan arus listrik pada bagian tersebut yaitu 15 Ampere.

  • HAZARD

HAZARD adalah kode sekring yang ada pada lampu sein atau lampu tanda belok pada bagian kemudi mobil. Tegangan arus listriknya sebesar 10 Ampere. 

  • (CIG)

Untuk kode sekring (CIG) biasa terdapat pada power outlet (cigarette lighter) dengan ketegangan arus sebesar 15 Ampere. 

  • ACC

ACC merupakan kode sekring yang terpasang di beberapa komponen, seperti sistem audio, shift lock control system, dan sistem kaca spion luar. Tegangan arus listrik pada bagian-bagian tersebut berkisar antara 10 Ampere. 

  • ST
Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya