Tips & Trik

Banyak Yang Belum Tahu, Ini Dia Jenis Oli Mobil

PUBLISHED DATE : 19 Oktober 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Bengkel_Suzuki.jpg

Dalam sistem kerjanya, mobil membutuhkan beberapa macam oli yang fungsinya untuk menunjang performa kendaraan tersebut. Jenis oli mobil ini terdiri dari oli mesin, oli transmisi, oli gardan, hingga oli untuk power steering. 

Masing-masing jenis oli tersebut memiliki fungsi yang berbeda, sesuai cara kerja dan peletakannya. Manfaatnya pun beragam, sesuai kebutuhan lokasi pelumas ditempatkan. 

Berkaitan dengan itu, untuk mengetahui seputar jenis oli pada mobil lebih jauh, silahkan simak ulasan berikut.

Baca Juga : Kaca Samping Mobil Susah Turun Naik? Ini Yang Harus Dicek

Jenis Oli Mobil Yang Beredar di Pasaran

Dalam dunia otomotif, ada banyak jenis oli mobil yang akan Anda temui. Masing-masing jenis oli tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Memilih jenis oli, tentu saja juga harus disesuaikan dengan kebutuhan atau fungsi oli tersebut. 

Selain oli mesin yang selama ini sudah sangat dikenal masyarakat, ada banyak jenis oli mobil yang beredar di pasaran. Apabila penggantian oli dilakukan oleh tenaga berpengalaman pada bengkel resmi,  memilih oli tentu tidak menjadi masalah. 

Baca Juga : Tips Menyingkirkan Jamur dari Kaca Mobil

Tetapi apabila pemasangan atau penggantian oli dilakukan sendiri, mengetahui dan memahami jenis serta manfaat atau fungsi masing-masing jenis oli sangatlah diperlukan. 

Dengan demikian, tidak akan terjadi kesalahan yang mengakibatkan kerusakan pada komponen kendaraan. 

Selain oli mesin, ada beberapa jenis oli yang beredar di pasaran. Contohnya adalah oli rem, oli transmisi, oli gardan dan oli power steering.

Baca Juga : Kenapa Setir Mobil Harus Lurus Saat Parkir?

Masing-masing jenis oli tersebut memiliki fungsi, cara kerja, dan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui setiap jenis oli agar tidak salah pilih. 

77158495_s

Manfaat Masing-masing Jenis Oli Mobil

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, masing-masing jenis oli memiliki fungsi dan cara kerja yang berbeda.

Demikian juga dengan cara perawatannya. Memilih jenis oli yang tepat akan membuat performa kendaraan menjadi lebih maksimal. 

  • Oli Mesin

Jenis oli untuk mobil yang satu ini sudah sering dikenal banyak orang. Sesuai namanya, oli mesin merupakan jenis oli yang digunakan untuk membantu kelancaran kerja mesin mobil. Lebih dari itu, oli jenis ini memiliki peranan penting untuk mesin mobil.

Bisa dikatakan bahwa oli mesin adalah nyawa dari sebuah mesin mobil. Ketika oli mesin ini berfungsi dengan baik, maka kerja mesin juga akan lancar.

Begitupun sebaliknya, ketika terjadi masalah pada oli oli mesin, maka bisa dipastikan kinerja mesin mobil tidak akan bisa berjalan dengan normal. 

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya