Tips & Trik

Tidak Mau Radiator Mobil Bermasalah? Ikuti Cara Merawatnya

PUBLISHED DATE : 23 Desember 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/mesin_suzuki_ertiga.jpg

Radiator mobil adalah salah satu bagian terpenting dari kendaraan roda empat tersebut. Radiator ini benar-benar harus dijaga dan dirawat agar tidak mengalami kerusakan. Lalu bagaimana jika radiator sudah mulai bermasalah? Silahkan simak cara merawatnya pada penjelasan di bawah ini.

Pengertian Radiator dan Fungsinya

Radiator adalah salah satu komponen mobil yang bertugas mengalirkan cairan pendingin ke mesin mobil yang akan menyerap suhu panas.

Secara umum, radiator ini berfungsi untuk memindahkan suhu panas yang dihasilkan oleh mesin pada mobil ke udara sehingga mesin tetap dalam suhu dingin.

Baca Juga : Nyetir Mobil Saat Hujan? Wajib Perhatikan Hal Ini

Komponen ini sesekali biasanya juga mengalami masalah. Beberapa ciri yang menjadi tanda bahwa radiator bermasalah adalah mobil yang overheat secara tiba-tiba, permukaan radiator berkarat, AC tidak normal, mobil sering mogok, dan air pada radiator cepat habis.

Penyebab Radiator Mobil Bermasalah

Tentu radiator kendaraan mobil yang tiba-tiba mengalami kerusakan pasti ada penyebabnya. Jika radiator Anda masih dalam kondisi yang baik-baik saja, alangkah baiknya untuk tetap mengetahui apa saja penyebab kerusakan supaya bisa mengantisipasi hal itu terjadi.

  • Saluran Output yang Mengalami Penyumbatan

Penyebab pertama bagian radiator mengalami masalah adalah saluran outputnya mengalami penyumbatan. Hal yang menyebabkan saluran output tersumbat adalah banyaknya kotoran dan noda menempel di bagian tersebut. Jika hal ini sampai terjadi, pasti karena Anda jarang sekali membersihkannya.

Baca Juga : Mengapa Mobil Perlu Dipanaskan dengan Rutin?

Tidak hanya evaporator saja, radiator juga bisa mengalami hal yang sama. Bagian ini sangat rawan terkena debu dan kotoran sehingga Anda harus rutin membersihkannya. Jika saluran output mengalami penyumbatan, kepala radiator bisa langsung pecah dan mengalami disfungsi.

Cara yang bisa dilakukan adalah selalu melakukan pengecekan setiap mobil sudah menempuh jarak 40.000 km secara rutin. Jika tidak sempat, pergilah ke bengkel resmi Suzuki agar montir bisa membantu Anda mengecek saluran output.

  • Terkena Benda Asing

Benda asing sangatlah rawan mengenai radiator hingga bisa mengalami disfungsi. Benda asing yang biasa merusak radiator adalah batu dan kerikil.

Baca Juga : Begini Cara Menyalakan AC Mobil yang Benar

Batu dan kerikil tersebut biasanya masuk karena mobil sering melewati jalanan yang banyak batu dan tidak rata. Disini, batu dan kerikil tersebut bisa merusak dinding.

Oleh sebab itu, Anda harus berhati-hati jika melewati jalanan yang banyak kerikil dan batu terutama yang berbentuk runcing. Batu-batu tersebut sangatlah berbahaya karena bisa menyebabkan radiator tersebut pecah dan tidak dapat berfungsi secara maksimal.

  • Kualitas Buruk Pada Radiator Mobil

Selain itu, radiator mobil yang memiliki kualitas buruk juga merupakan salah satu gangguan yang harus segera Anda atasi. Apabila radiator Anda berkualitas buruk dan diisi dengan air di bawah rata-rata, ini hanya akan membuatnya berumur pendek.

Radiator tersebut akan cepat mengalami kerusakan yang parah. Selain itu, komponen pendukung lain yang berada di dalam radiator juga bisa mengalami kerusakan yang sama akibat air di bawah rata-rata tersebut.

Contoh komponen yang rentan mengalami kerusakan adalah bypass radiator. Selain itu, hampir semua komponen terbuat dari bahan yang rentan rusak.

  • Radiator yang Sudah Berumur

Hal yang tidak kalah penting dan harus Anda perhatikan adalah umur dari radiator tersebut. Radiator yang sudah lama tidak dibersihkan dan jarang dicek, apalagi sudah cukup berumur tentu akan membuatnya rusak. Misalnya radiator tersebut sudah berumur mencapai 4 sampai 5 tahun.

Anda harus segera menggantinya dengan yang baru. Pergilah ke bengkel jika dirasa radiator tersebut sudah mulai terkikis. Untuk harga tiap radiator sangatlah bervariasi. Anda harus memilih kualitas yang terbaik agar komponen tersebut bisa berfungsi dalam kurun waktu lama.

Anda bisa meminta rekomendasi dari pihak bengkel untuk memilih radiator mana yang benar-benar berkualitas. Tidak masalah jika harganya mahal tetapi kualitas radiatornya sangat terjamin.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya