Tips & Trik

Yuk Mengenal 4 Fungsi Flywheel, Si Roda Gila Pada Mobil

PUBLISHED DATE : 26 Februari 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/fungsi_flywheel.jpg

Fungsi flywheel yang kerap disebut si roda gila pada mobil ini memiliki pengaruh vital pada kinerja mesin untuk membantu menjaga stabilitas kinerja mesin mobil. 

Kinerja mesin yang prima tentu dipengaruhi dengan komponen pendukung yang berfungsi dengan baik. Salah satunya adalah flywheel di mana komponen ini memiliki pengaruh vital pada kinerja mesin kendaraan mobil.

Flywheel yang kerap disebut si roda gila pada mobil ini memiliki fungsi yang sangat penting dalam stabilitas kinerja mesin mobil. Pada ulasan berikut ini, akan dikenalkan 4 fungsi flywheel yang penting Anda ketahui.

Baca Juga : Ketahui Ini Prinsip Kerja Dari Rem Mobil & Komponennya

flywheel_adalah

Fungsi Flywheel

Pemutaran Mesin Bersamaan dengan Starter Motor

Terjadi beberapa proses inisiasi kinerja mesin ketika starter dinyalakan. Jalannya mesin atau waktu pertama mesin dapat dioperasikan adalah ketika starter dinyalakan. Hal ini berlaku untuk seluruh kendaraan bermotor, termasuk pula mobil.

Baca Juga : Asap Knalpot Mobil Ngebul? Apakah Penyebabnya?

Selain itu, penggunaan bahan bakar juga dimulai ketika starter ini dinyalakan. Ini menunjukkan bahwa terdapat proses pembakaran ketika mesin menyala.

Proses pembakaran ini menghasilkan gerakan pemutaran pada mesin. Pada bagian inilah roda gila menjadi lokasi pertama pemutaran mesin. Proses ini terjadi bersamaan dengan dinyalakannya starter.

Pemutaran mesin ini dapat terjadi karena bagian tepi roda gila memiliki ring gear yang berkait dengan pinion gear starter. Keduanya saling terhubung sehingga ketika starter dinyalakan, ring gear ini akan memutar mesin sehingga proses pembakaran dimulai.

Baca Juga : Panduan Aman Berkendara Mobil Ketika Terjadi Gempa

Setelah rangkaian proses ini terjadi, mesin menjadi hidup dan menghasilkan daya putar. Kekuatan dari daya putar yang didukung poros engkol yang kuat inilah yang menyebabkan mobil dapat berjalan dengan baik.

Menyimpan Tenaga Mekanik (Momen Inersia)

Fungsi Flywheel yang cukup vital lainnya adalah menyimpan tenaga mekanik atau yang biasa dikenal dengan momen inersia. Tenaga mekanik perlu disimpan agar kinerja mesin tetap stabil dan tidak menurun.

Tenaga mekanik atau momen inersia dapat dihasilkan mesin ketika sedang terjadi langkah usaha. Inilah mengapa momen inersia hanya akan terbentuk ketika mesin sedang bekerja atau sedang hidup. Dalam hal ini, flywheel akan bertugas untuk menyeimbangkan tenaga mekanik dengan menyimpannya.

Saat dinyalakan dan melakukan langkah usaha, mesin sedang menggunakan energi kimia dalam jumlah besar. Pada peristiwa ini terjadi perubahan energi dari energi kimia menjadi energi mekanis.

Perubahan energi ini dapat terjadi akibat roda gila mampu menghasilkan daya putar mesin. Fungsi flywheel atau roda gila akan mempengaruhi gerak piston-piston di dalamnya sehingga terjadi perubahan mesin yang sangat masif. Gerakan masif ini dibantu dengan suplai energi yang terus menerus selama mesin dinyalakan.

Selanjutnya, daya putar ini akan membuat poros engkol berputar pula. Dalam kondisi yang baik, poros engkol dapat berputar secara stabil. Perputaran poros engkol secara stabil didapatkan dari energi yang berasal dari piston-piston secara bergantian.

Selama mesin menyala, piston-piston ini akan menghasilkan energi mekanik dalam langkah kerjanya. Roda gila memiliki kemampuan menahan suplai energi pada poros engkolnya sehingga tidak terjadi kelebihan tenaga dan poros engkol mesin dapat tetap berputar dengan stabil.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya