Tips & Trik

Yuk Mengenal 4 Fungsi Flywheel, Si Roda Gila Pada Mobil

PUBLISHED DATE : 26 Februari 2021

Fungsi Flywheel

Komponen inilah yang dipasang menyatu dengan roda gila menggunakan baut. Pada keduanya terdapat poros transmisi di bagian tengahnya sehingga membuat kopling clutch cover semakin kuat menempel pada roda gila.

Membuat Putaran Mesin Menjadi Stabil

Seperti pada penjelasan sebelumnya, fungsi flywheel sendiri salah satunya adalah mampu menyimpan energi mekanik atau momen inersia. Hal tersebut merupakan salah satu kemampuannya sebagai inhibitor daya putar pada mesin.

Mesin membutuhkan inhibitor daya putar karena sering kali suplai energi mekanik dari piston berlebihan. Akibatnya mesin butuh penyesuaian agar perputarannya tetap stabil. Hal ini merupakan fungsi roda gila yang cukup vital.

Kestabilan daya putar mesin ini dipengaruhi oleh kondisi roda gila. Semakin baik kondisinya, maka akan semakin maksimal pula kinerjanya.

Roda gila akan membantu putaran mesin menjadi stabil. Dalam hal ini roda gila akan menghambat suplai energi mekanik atau menyalurkan energi putar dari piston ke mesin.

Baca Juga : Waspada, Ini Efek Telat Ganti Oli Mobil

Mesin yang menyala menandakan piston sedang mengkonsumsi bahan bakar dan terjadi langkah kerja. Sayangnya, tidak selamanya proses pembakaran berlangsung selalu baik. Sering juga ditemui proses pembakaran pada mesin terjadi secara tidak seimbang.

Proses pembakaran yang tidak seimbang inilah yang nantinya membuat kecepatan putaran menjadi mudah berubah. Padahal, mesin membutuhkan kecepatan putar yang stabil agar dapat berjalan dengan baik.

Kecepatan putar yang terjadi di poros engkol ini secara langsung dipengaruhi dengan proses pembakaran. Apabila proses pembakaran tidak seimbang, perputaran poros engkol dapat menjadi lebih cepat atau melambat.

Flywheel adalah komponen yang memiliki peran cukup penting dalam jalannya kinerja mesin mobil. Maka dari itu, kondisinya harus dijaga agar tetap prima sehingga mampu menjalankan fungsinya dengan baik.

Mengingat fungsi flywheel yang cukup vital, ada baiknya bila selalu menjaga konsistensi kemampuan si roda gila ini agar tetap maksimal. Perawatan roda gila mungkin akan sedikit membingungkan pada masyarakat awam yang kurang menahu tentang otomotif.

Namun tidak perlu cemas, Anda dapat melakukan service secara berkala di bengkel Suzuki resmi terdekat. Anda akan mendapatkan pelayanan terbaik sehingga mendapatkan informasi yang tepat untuk perawatan komponen mobil Anda termasuk pada komponen roda gila ini.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya