Ini Dia Bagian Komponen Mesin Mobil dan Fungsinya
PUBLISHED DATE : 23 Oktober 2020

Komponen mesin mobil dan sistem pada mesinnya berperan penting terhadap kinerja kendaraan yang satu ini sehingga sangat penting untuk dipahami.
Sebuah kendaraan pada umumnya ada komponen mesin di dalamnya. Komponen mesin tersebut memiliki fungsi mengubah energi panas pada kendaraan menjadi energi gerak. Hal ini sebagaimana pula fungsi komponen mesin mobil.
Selain memiliki komponen yang sangat penting, mobil juga memiliki sistem yang ada pada mesin. Mau tau apa saja komponen dan sistem yang ada pada mesin mobil ini? Yuk simak penjelasan selengkapnya berikut.
Bagian Penting Komponen Mesin Mobil
Baca Juga : Tidak Sulit, Begini Cara Menghilangkan Baret Mobil
Mobil memiliki komponen mesin yang lumayan banyak dengan berbagai macam fungsinya. Bagi Anda yang penasaran apa saja kira-kira komponen mesin yang ada pada mobil dan apa saja fungsinya, simak baik-baik penjelasan berikut ini.
- Cylinder Head (Kepala Silinder)
Silinder head merupakan komponen utama pada sebuah kendaraan yang tempatnya berada pada blok silinder di bagian atas. Cara pemasangannya adalah dibaut dengan diberi gasket.
Baca Juga : Beli Mobil Saat Pameran? Pakai Tips Ini!
Secara umum, komponen tersebut dibuat dari campuran besi tuang dan aluminium yang ringan. Kedua material tersebut dipilih karena keduanya dianggap mampu menjadi pendingin yang baik dan membatasi pemuaian.
Dalam kepala silinder terdapat sebuah mekanisme yang dinamakan valve train. Fungsi mekanisme tersebut adalah mengatur posisi valve agar membuka atau menutup.
Dalam komponen ini juga terdapat sebuah ruang bakar yang biasanya digunakan untuk dudukan busi dan mekanisme katup mesin 4 tak. Terdapat juga mantel pendingin yang digunakan untuk mendinginkan busi dan katup. Mantel pendingin tersebut terhubung dengan blok silindernya.
- Blok Silinder
Baca Juga : Perbedaan Spooring dan Balancing pada Mobil
Selain kepala silinder, blok silinder juga merupakan salah satu komponen utama dari mesin kendaraan. Komponen yang satu ini sangat perlu dijaga dan dirawat dengan baik jika ingin kendaraan Anda bekerja secara optimal.
Pada blok silinder terdapat beberapa silinder dan setiap silindernya memiliki satu piston di salah satu ujungnya. Sedangkan di ujung batang piston yang lainnya dihubungkan oleh poros engkol dan gerak naik turun dari piston tersebutlah yang nantinya menggerakkan engkol.
Bagian atas komponen ini dihubungkan dengan kepala silinder, sedangkan bagian bawahnya dengan karter. Blok silinder dibuat dari bahan yang kuat dan juga tebal seperti cast iron. Bahan semacam ini mampu menjadi topangan komponen lain, seperti kepala silinder, piston dan yang lainnya.
- Silinder
Silinder merupakan bagian mesin mobil yang fungsinya memindahkan serta membentuk panas menjadi tenaga mekanik. Oleh karena itu, jika ingin mesin kendaraan Anda memiliki tenaga yang maksimal, pastikan tidak terjadi kebocoran gas yang terdapat di antara silinder dan piston.
Hal ini sangat penting untuk diperhatikan meskipun sedikit rumit. Namun, ketika komponen tersebut mengalami suatu masalah, Anda bisa menggantinya dengan suku cadang asli yang sesuai. Beberapa silinder yang dipakai biasanya di tata dalam blok dan dalam satu garis sejajar.
- Piston
Piston diharuskan memiliki tingkat ketahanan terhadap suhu panas yang kuat dan tekanan tinggi, karena komponen tersebut harus bekerja dengan kecepatan yang maksimal. Bagian kepala dari piston tersebut memiliki bentuk datar, namun ada juga beberapa kepala yang bentuknya cembung.
Cara kerja komponen ini berhubungan langsung dengan proses pembakaran, dan karena itulah piston disebut juga dengan jantung mesin kendaraan. Energi yang dihasilkan dari komponen ini adalah tenaga gerak.
Tenaga yang dihasilkan dari naik turunnya piston tersebut akan dilanjutkan ke mekanisme engkol dan terus berlanjut sampai pada komponen penggerak roda. Pada piston juga terdapat sebuah pin yang dibuat dari bahan baja nikel.
- Connecting Rod (Batang Piston)