Tips & Trik

Ini Dia Bagian Komponen Mesin Mobil dan Fungsinya

PUBLISHED DATE : 26 Februari 2024

Komponen Mesin Mobil

Bagian penting dari komponen mesin mobil selanjutnya adalah piston. Fungsi dari komponen utama ini adalah untuk mengubah tekanan dari pembakaran antara udara dan bahan bakar agar menjadi gaya yang dapat bekerja pada bagian poros engkol. 

Bentuk dari piston disesuaikan dengan tipe mesin pembakaran bagian dalam. Untuk piston mesin bagian bensin, cenderung berbentuk lebih pendek dan ringan daripada piston yang digunakan mesin diesel. 

Antara piston dan poros engkol, ada batang penghubung yang biasa disebut pin pergelangan tangan. Pin inilah yang memberi kekuatan penuh proses pembakaran pada piston. 

Sedangkan cincin piston akan menghubungkan antara celah sempit yang ada di antara piston dengan dinding silinder. Biasanya, ini disebut sebagai pipa piston. Ruang yang terletak di antara jalur-jalur pipa tersebut disebut sebagai ring land

Piston akan bergerak naik-turun sebanyak dua kali untuk satu putaran poros engkol. Jadi, untuk mesin yang bergerak dengan 1300rpm akan menggerakkan piston sebanyak 2600 kali per menit. 

Baca Juga : Catalytic Converter Mobil: Pengertian dan Fungsinya

Secara umum, fungsi piston adalah: 

  • Berperan dalam pembuangan panas dari hasil pembakaran. 
  • Memastikan ruang bakar tersegel dan mencegah terjadinya kebocoran gas. 
  • Memastikan adanya pertukaran gas terus terjadi di dalam ruang bakar. 
  • Crankshaft (Poros Engkol)

Komponen crankshaft atau biasa disebut poros engkol merupakan tulang punggung pada bagian mesin. Komponen mesin ini berperan untuk mengoperasikan mesin dengan benar dan mengkonversi gerak linier agar menjadi gerak putar yang dapat menggerakkan roda mobil. Meskipun pada prosesnya membutuhkan energi dari piston. 

Secara umum, poros engkol akan dipasang pada bagian mesin dengan kedua ujung memiliki bantalan sebagai penyangga. Poros ini akan dihubungkan dengan roda dan kopling. 

Sewaktu kopling diaktifkan, energi putaran yang ada pada poros engkol akan mulai disalurkan lewat gearbox ke poros penggerak yang ada di roda. 

  • Camshaft (Poros Bubungan)

Komponen ini berbentuk sederhana yang hanya berupa sepotong batang berbentuk tabung atau bubungan. Maka, sering disebut sebagai lobus bubungan atau camshaft

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya