Tips & Trik

Mengenal Fungsi Oli Power Steering dan Tips Memilihnya

PUBLISHED DATE : 31 Maret 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/sx4_scross.jpg

Kemampuan kinerja mesin yang maksimal sangat dipengaruhi oleh suplai amunisi mesin yang diberikan. Selain bahan bakar, cairan yang berperan dalam suplai tersebut adalah oli power steering. Cairan ini akan memberikan amunisi pada mesin agar kinerjanya semakin prima.

Jika Anda mengira bahwa oli ini sama dengan oli mesin, ulasan berikut perlu dipelajari dengan seksama. Keduanya berbeda sehingga perlu memahaminya dengan baik agar tidak salah pilih untuk kendaraan kesayangan Anda. Berikut ini ulasan lengkapnya

Sekilas Tentang Oli Power Steering

Baca Juga : Apa Sih Bedanya Facelift dan All New di Otomotif

Mobil yang diproduksi akhir-akhir ini memiliki kinerja yang prima untuk digunakan dalam segala kondisi. Hal tersebut sangat dipengaruhi oleh komponen utama yang menunjang kinerja mesin, yaitu power steering.

Komponen ini akan membantu mesin untuk memperkuat tekanan ketika kendaraan sedang melaju. Dalam hal menunjang kinerja power steering, ada jenis fluida yang membantunya. Fluida ini kerap disebut dengan oli power steering.

Antara oli pelumas dan oli ini memiliki perbedaan yang mendasar, meskipun keduanya difungsikan sebagai fluida untuk mesin. Pada dasarnya oli mesin yang aktif digunakan sebagai pelumas, sedangkan oli ini lebih digunakan untuk menghantarkan tekanan pada mesin yang hidup.

Baca Juga : Jenis Dempul dan Cara Mendempul Mobil yang Benar

Oli ini sangat mudah ditemukan di pasaran. Ada berbagai macam varian dan merk yang dijual dan Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan mesin.

fungsi_oli_power_steering

Fungsi Oli Power Steering

Baca Juga : Siapa Penemu Mobil Pertama di Dunia? Ini Sejarahnya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, oli untuk power steering memiliki fungsi yang berbeda dengan oli mesin. Tugas dan cara kerjanya berbeda karena komposisi yang dimiliki masing-masing juga berbeda.

Oli mesin adalah fluida yang biasa digunakan untuk memperlancar proses transmisi mesin. Hal tersebut berbeda dengan fungsi oli untuk power steering. Oli jenis ini akan menghantarkan tenaga maupun tekanan yang dimanfaatkan untuk menggerakkan mesin kendaraan.

Jenis tersebut sangat dibutuhkan oleh power steering hidrolik. Maka dari itu, kendaraan yang memanfaatkan sistem hidrolik wajib menggunakan oli power steering untuk memperlancar jalannya transmisi tekanan dan tenaga pada mesin.

Cara Kerja Oli pada Power Steering

Cara kerja yang dimiliki oli jenis ini cukup vital dalam menunjang kemampuan performa mesin hidrolik.

Pertama, komponen power steering terbagi atas dua bagian utama yaitu rack dan pinion. Kedua bagian tersebut bergerak saling bersinergi dengan bantuan oli steering yang memberikannya tekanan.

Pada bagian atas rack dan pinion, terdapat komponen pendukung lainnya yaitu pompa steering. Kinerja dari pompa steering inilah yang akan mempengaruhi gerak putaran setir.

Dalam hal ini, oli pada power steering sangat membantu agar putaran setir menjadi lebih ringan dan enteng ketika digerakkan.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya