Tips & Trik

Cara Mudah Deteksi Aki Lemah Pada Motor Injeksi

PUBLISHED DATE : 27 Desember 2018

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Cara_Mudah_Deteksi_Aki_Lemah_Pada_Motor_Injeksi.jpg

Hampir semua pengendara motor pasti sudah tahu bahwa kondisi aki pada motor injeksi memang harus selalu diperhatikan supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Umumnya, untuk mendeteksi aki kita bisa memakai multimeter atau memasang indikator voltmeter tambahan.

Alat-alat tersebut memang cukup akurat untuk mengetahui kondisi aki. Tapi dengan harga yang terbilang cukup mahal, tidak semua pengendara motor memiliki alat-alat tersebut. Apakah Anda salah satu yang belum punya alat-alat tersebut?  Tidak perlu khawatir karena ternyata ada cara yang cukup mudah untuk mendeteksi aki lemah pada motor injeksi tanpa harus memakai multimeter atau memasang indikator voltmeter tambahan.

Bagaimana caranya?

Baca Juga : Tanda-tanda Ban Mobil Sudah Waktunya untuk Diganti

Tidak terlalu sulit kok. Pertama nyalakan motor kemudian coba perhatikan suara atau putaran mesin saat idle. Jika performa aki sudah menurun, cirinya mesin motor seperti berdenyut atau naik turun gasnya. Di saat kondisi normal, idle motor injeksi umumnya stabil di rpm yang sudah diset oleh pabrikan motor.

Untuk motor yang punya fitur takometer, kita bisa kondisi aki pada motor dari indikator putaran mesin yang ditampilkan pada fitur tersebut.

Harus Rutin Dicek!

Baca Juga : Busi Racing untuk Mobil yang Dipakai Harian, Amankah?

Kondisi aki pada motor injeksi harus selalu diperhatikan dan rutin dicek kondisinya karena kondisi arus listrik yang tidak stabil bisa berpengaruh pada masa pakai komponen kelistrikan, dan salah satunya adalah umur pakai lampu. Gejala motor susah dinyalakan saat aki dalam kondisi lemah saat ini tidak bisa selalu dijadikan patokan.

Contohnya pada motor skutik dengan ACG/SMG starter atau model start halus, hal tersebut tidak terlalu berpengaruh dengan kondisi aki. Kenapa demikan? Karena proses start mesin motor yang diproduksi saat ini tidak lagi butuh arus yang besar. Dampaknya, pengendara motor menjadi kurang waspada dengan kondisi aki motornya karena tidak ada gangguan saat mesin dinyalakan.

Nah, jika memang gejala-gejala yang sudah dijelaskan di atas muncul pada motor kalian, sebaiknya segeralah mengecek kondisi aki motor Anda di bengkel resmi Suzuki terdekat dan segera ganti aki tersebut jika memang harus segera diganti agar perjalanan Anda mengendarai motor menjadi tetap aman dan nyaman.

Baca Juga : Sistem Pengisian Mobil: Fungsi, Cara Kerja, dan Komponennya

Semoga informasi di atas bermanfaat!

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya