Tips & Trik

Apa yang Menyebabkan Aki Motor Mudah Rusak?

PUBLISHED DATE : 08 Maret 2019

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/shutterstock_1073508284.jpg

Sebelum mempelajari cara agar aki motor awet, Anda perlu tahu apa saja yang bisa jadi penyebab kerusakan aki. Karena mengetahui sumber kerusakan atau yang jadi penyebab soak memudahkan Anda dalam perawatan nantinya. 

Dengan menghindari melakukan penyebab kerusakan ini, aki Anda bisa jadi lebih awet. Berikut ini beberapa penyebab yang harus diperhatikan. 

  1. Kerusakan pada Kiprok

Penyebab pertama aki rusak bisa bersumber dari kiprok yang merupakan komponen untuk menyesuaikan besar kecilnya tegangan yang dialirkan ke aki. Aki harus mendapatkan arus listrik yang tepat ,tidak boleh terlalu besar atau kecil. 

Baca Juga : Yuk Ketahui Ini Fungsi Stang Seher Motor dan Cara Kerjanya

Jika arus terlalu besar akan membuat aki menggelembung, sedangkan arus terlalu kecil akan membuat aki akan kekurangan setrum. Ketika aki mengalami tekor, paling sering disebabkan oleh kiprok yang rusak. 

    2. Kerusakan pada Spul

Selain kiprok ada juga komponen spul yang berfungsi untuk menghasilkan listrik melalui pergerakan magnet. Kiprok bisa saja masih normal, tapi jika spul rusak maka aliran aki tetap saja akan bermasalah. 

Ciri utama spul rusak adalah motor sulit untuk dihidupkan saat pagi hari ketika mesin dingin. Untuk tahu betul bahwa spul yang rusak, Anda bisa menggunakan alat Multitester untuk tahu apakah jenis arus Alternating Current atau AC tidak mengalir searah. 

    3. Stoplamp Selalu Menyala

Baca Juga : Sistem Suspensi Mobil: Fungsi, Jenis, dan Cara Kerjanya

Penyebab lain yang membuat aki juga sering tekor adalah stoplamp yang tidak pernah mati.

Stop lamp akan menyedot listrik yang cukup besar dari aki ketika mesin hidup. Kerusakan stoplamp ini biasanya disebabkan switch rem belakang rusak atau berubah pengaturannya. 

    4. Melakukan Bore Up yang Kurang Bagus

Apakah Anda baru saja melakukan bore up motor supaya lebih kencang? Modifikasi yang satu ini cukup sering dilakukan oleh para penghobi. Namun jika melakukan bore up tidak sempurna, bisa mempengaruhi kualitas aki. 

Baca Juga : Wajib Tahu, Ini Komponen Mobil Yang Patut Diketahui

Pasalnya kompresi mesin yang meningkat tidak diimbangi dengan penggantian spul dinamo starter yang lebih kuat. Jadi saat bore up bukan hanya kapasitas silinder saja yang diperbesar, tetapi juga spul dinamo starter juga perlu di upgrade.

aki

Cara Mudah Perawatan Aki Motor agar Tetap Awet 

Dilihat dari beberapa penyebab aki motor bisa cepat tekor di atas, Anda sebaiknya lebih memperhatikan bagaimana penggunaan sepeda motor sehari-hari. Karena sebagian besar kerusakan lebih sering terjadi karena kesalahan penggunaan. 

Tidak memperhatikan kondisi mesin kendaraan sebelum berkendara atau kurang rutin servis menjadi masalah utamanya. Ada beberapa cara agar aki motor awet berikut ini yang bisa Anda ikuti dengan mudah. 

    1. Membersihkan Kerak Aki 

Bagi Anda yang menggunakan aki basah, perlu untuk mengecek kondisi aki secara berkala. Karena aki basah memiliki kecenderungan untuk muncul kerak pada bagian atas kotak aki. Lebih tepatnya pada bagian tutup aki. 

Kerak ini adalah jamur yang muncul karena oksidasi air aki. Jamur ini harus rutin untuk dibersihkan supaya tidak menimbulkan korosi. Selain itu juga dibiarkan dalam jangka panjang akan merusak kinerja dari aki. 

Anda bisa membersihkan kerak ini menggunakan sikat secara perlahan sampai tidak ada sisa kerak lagi. Hindari untuk menggunakan air atau cairan pembersih apapun yang justru dapat merusak kotak aki. 

    2. Mengecek Ketinggian Cairan Elektrolit

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya