Tips & Trik

Ini Biang Kerok Penyebab Lampu Motor Sering Putus

PUBLISHED DATE : 10 November 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/132183133_s.jpg

Lampu motor kini bukan hanya dinyalakan pada malam hari untuk menerangi jalan tetapi juga pagi dan siang hari. Berdasarkan peraturan pemerintah, pengemudi sepeda motor wajib menyalakan lampu pada siang hari guna mengurangi kecelakaan lalu lintas. 

Hanya saja lampu motor yang sering mati menjadi masalah yang cukup mengganggu pengemudi. Padahal lampu baru saja diganti dengan yang baru, namun tidak lama lampu tersebut cepat mati. 

Apa penyebab lampu motor sering putus? Hal yang tampak sepele ini jika dibiarkan cukup menguras isi dompet. Padahal mungkin saja penyebabnya bukanlah hal yang besar dan bisa diatasi dengan mudah. 

Baca Juga : Oli Bekas atau Chain Lube untuk Lumasi Rantai Motor?

10 Penyebab Lampu Motor sering Putus yang Perlu Diperhatikan 

Nyala lampu sepeda motor bisa memberikan keamanan bagi seluruh pengendara. Lampu sebenarnya bukanlah jenis komponen yang perawatannya sulit. Begitu pula soal penggantian, lampu bukan produk yang harus diganti dalam waktu cepat. 

Kerusakan seringkali bukan terjadi pada kualitas lampu, namun justru pada sistem kelistrikan motor. Contohnya kabel yang kendor atau justru masalah korsleting.

Baca Juga : Berbeda, Ini Pengertian Horse Power dan Torsi

Penjelasan lengkap soal penyebab lampu motor sering putus lebih lanjut bisa Anda cermati sebagai berikut ini. 

  • Lampu Motor Terkena Air

Penyebab pertama ini sering terjadi pada saat musim hujan. Rumah lampu motor yang sudah mulai longgar. Pada motor lama bagian karet rumah lampu mulai kehilangan kelenturannya atau menjadi keras dan mudah retak. 

Longgarnya karet rumah lampu tersebut memudahkan air untuk masuk ke dalamnya. Lebih berbahaya lagi jika air masuk ke dalam reflektor. Akibatnya adalah lampu motor mudah putus. 

Baca Juga : Ini Tanda Kalau Sokbreker Motor Harus Segera Diganti

Ciri lampu yang akan putus karena air ini adalah warna berubah menjadi kehijauan. Jika Anda menyadari tanda ini, sebaiknya segera bersihkan air yang terlanjur masuk dan perbaiki karet pada rumah lampu. 

  • Korsleting pada Kabel 

Kabel pada sistem kelistrikan motor cukup rumit dan sering menjadi penyebab lampu motor sering putus. Alasannya kabel yang dipasang mengalami korsleting, akibatnya Anda akan sering membeli lampu baru karena arus yang terlalu tinggi merusak lampu. 

Bagian kabel lampu mungkin saja ada yang putus sehingga harus diperbaiki. Menelusuri bagian mana kabel yang rusak kemudian menggantinya adalah satu-satunya cara untuk memperbaiki. 

Jika tidak berapapun harga lampu yang Anda beli, maka akan selalu putus bahkan berpotensi untuk meledak karena arus yang tidak terkontrol. 

  • Kerusakan pada Dudukan Lampu 

Fitting lampu atau dudukan lampu juga mudah rusak akibat pemakaian atau karena Anda menggunakan produk yang berkualitas rendah. Sebenarnya selama dudukan lampu yang digunakan masih bawaan pabrik akan jauh lebih awet daripada setelah Anda menggantinya. 

Dudukan lampu yang sudah rusak seperti goyang akan membuat sambungan kabel jadi tidak bisa mengalirkan arus listrik yang sesuai. Setiap terkena getaran lampu akan mudah mati.

Selama Anda tidak mengganti fitting lampu, maka masalah lampu sering mati ini tidak akan bisa terselesaikan. 

  • Karat pada Bagian Saklar 

Pada sistem lampu motor, saklar adalah komponen yang penting untuk menyalurkan daya dari aki ke bagian bohlam ketika ditekan. Saklar ini pengaruhnya sangat besar agar lampu dapat menyala. 

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya