Tips & Trik

Fungsi Thermostat : Cara Kerja dan Perawatannya

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/thermostat_adalah.jpg

Fungsi thermostat adalah mengatur cairan pendingin yang ada pada mesin mobil. Komponen ini harus dirawat dengan baik agar bisa bekerja secara maksimal.

Mobil tentu terdiri dari beberapa komponen di dalamnya. Salah satu komponen yang ada pada mobil dan cukup penting adalah thermostat. Bagi Anda yang memiliki mobil, mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah thermostat ini. Tetapi, bagaimana dengan fungsi thermostat itu sendiri?

Tidak sedikit para pemilik mobil yang sering mendengar istilah thermostat namun masih belum mengetahui dengan pasti fungsi sebenarnya dari komponen tersebut.

Baca Juga : Balancing Pelek Motor, Seberapa Penting Hal Ini Dilakukan?

Anda sebagai pemilik mobil harus mengetahui fungsi hingga cara perawatan thermostat yang ada pada mobil ini, dan berikut ulasannya.

Mengenal Fungsi Thermostat

fungsi_thermostat

Baca Juga : Nyala Headlamp Motor Jadi Berkedip? Mungkin Ini Penyebabnya

Thermostat adalah salah satu jenis komponen mobil yang termasuk dalam sistem pendingin. Fungsi thermostat adalah untuk mengatur cairan pendingin yang ada pada mesin mobil. Sebagai sistem pendingin, fungsi thermostat mampu mencegah overheat karena mampu menjaga kestabilan suhu mesin.

Ukuran thermostat yang kecil ternyata mampu memberikan dampak yang cukup besar pada mobil kesayangan Anda. Oleh sebab itu, keberadaan fungsi thermostat yang sangat penting akan menyebabkan dampak buruk apabila Anda melepasnya dari komponen mobil yang ada.

Thermostat terdiri dari dua jenis katup logam otomatis dan memiliki fungsi yang berbeda. Katup buka dan tutup pada thermostat dapat mengendalikan air panas pada ruang mesin dengan air dingin yang ada pada radiator.

Baca Juga : Tips Memilih Velg Bekas dengan Kondisi Bagus

Fungsi thermostat yang mampu mengatur cairan pendingin yang dialirkan tersebut dapat membuat mesin mobil Anda memiliki tenaga yang besar. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa mobil yang dijalankan tanpa thermostat, tenaganya akan berkurang.

Cara Kerja Thermostat

Sama halnya seperti komponen lain yang ada pada mobil, thermostat juga memiliki fungsi dan cara kerja sendiri. Beberapa dari Anda sebagai pemilik mobil mungkin belum sepenuhnya mengetahui tentang cara kerja dari thermostat yang ada pada mobil.

Setelah mengetahui fungsi thermostat, Anda juga harus mengetahui cara kerjanya. Pada dasarnya, cara kerja dari thermostat adalah dengan mengikuti komponen lain yang ada pada sistem pendingin mobil Anda. Awalnya, water pump akan memompa air agar mengarah ke mesin.

Setelah dipompa, air akan melalui water jacket atau aliran air yang mengelilingi mesin mobil. Air pendingin tersebut yang akan membuat suhu panas pada mesin keluar melalui selang hingga masuk pada radiator.

Jika suhu pada mesin telah mencapai 85 hingga 90 derajat celcius, maka katup thermostat akan membuka.

Setelah suhu pada mesin mulai menurun, katup thermostat akan kembali menutup. Katup thermostat akan membuka dan menutup secara otomatis tanpa perlu Anda kendalikan.

Perawatan Thermostat yang Tepat

Ketika memutuskan untuk memiliki sesuatu, artinya Anda harus siap juga untuk merawatnya. Seperti halnya mobil, pada bagian mobil tentu terdapat beberapa komponen yang tidak boleh Anda lewatkan terkait cara perawatannya.

Bagi Anda para pemilik mobil alangkah lebih baiknya jika mengetahui perawatan thermostat yang tepat untuk membuatnya lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Peran thermostat yang cukup berpengaruh terhadap suhu mesin juga perlu mendapatkan perawatan yang benar.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya