Tips & Trik

Fungsi Thermostat : Cara Kerja dan Perawatannya

PUBLISHED DATE : 24 November 2020

Thermostat Adalah

Tidak sedikit yang menganggap bahwa mencopot thermostat adalah tindakan yang tepat untuk mencegah terjadinya overheat. Jika Anda termasuk orang yang menganggap bahwa dengan mencopot thermostat pada mobil adalah hal yang boleh dilakukan, sebaiknya segera ubah anggapan tersebut.

Sebagaimana diketahui bahwa thermostat adalah salah satu komponen penting dalam mobil yang keberadaannya sangat berpengaruh. Apabila Anda menghilangkan atau mencopot thermostat justru akan membuat mesin mobil Anda mengalami dampak buruk.

Pada dasarnya, mesin mobil memang masih dapat menyala meskipun thermostat yang ada di dalamnya Anda copot. Meski demikian, mobil tanpa thermostat akan menyebabkan mesinnya mengalami kerusakan dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Thermostat mobil yang Anda copot akan membuat cairan pendingin mengalir menuju mesin mobil sejak awal dinyalakan. Mesin mobil memerlukan waktu yang cukup lama untuk dapat mencapai suhu maksimal. Akibatnya proses pendinginan pada mobil Anda pun akan berkurang.

Sehingga mobil akan langsung mengalami overheat ketika mesin dinyalakan dalam kecepatan tinggi. Tenaga yang dihasilkan dari mesin mobil Anda akan semakin lemah dan berkurang. Tidak hanya itu, thermostat mobil yang dicopot juga dapat menyebabkan bahan bakarnya menjadi boros.

Sirkulasi Pendinginan pada Mesin Mobil

Baca Juga : Nekat Lewati Banjir, Ini Ciri Oli Mobil yang Sudah Tercampur Air

Ketika mobil Anda baru dinyalakan, suhu yang dihasilkan dari kerja mesin otomatis masih dalam keadaan yang rendah karena suhu didalamnya masih dingin. Suhu dingin di dalam mesin dapat diperkirakan seperti suhu ruangan ketika besarnya 23 hingga 25 derajat Celcius.

Pompa air yang berada di dalam bagian mobil akan membuat cairan pendingin bersirkulasi dan terus berputar. Cairan pendingin tersebut akan melewati by pass ke pompa air secara terus-menerus hingga suhu yang dihasilkannya telah mencapai suhu kerja.

Apabila telah mencapai suhu kerja mesin, untuk mencegah terjadinya overheat, katup pada thermostat akan membuka secara otomatis. Cairan dengan suhu panas akan dibiarkan mengalir menuju radiator untuk proses pendinginan.

Cairan yang telah didinginkan pada radiator selanjutnya akan dialirkan pada mesin dengan tujuan untuk mendinginkan mesin mobil Anda. Suhu normal yang dihasilkan akan membuat mesin mobil dan thermostat yang ada di dalamnya menjadi lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama.

Sekali lagi, jika komponen yang satu ini mengalami kerusakan, pastikan untuk segera memperbaikinya. Jika Anda bukan ahli di bidang otomotif, maka segeralah bawa kendaraan Anda ke bengkel resmi Suzuki terdekat.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya