Tips & Trik

Fungsi Thermostat : Cara Kerja dan Perawatannya

PUBLISHED DATE : 24 November 2020

Thermostat Adalah

Setelah suhu pada mesin mulai menurun, katup thermostat akan kembali menutup. Katup thermostat akan membuka dan menutup secara otomatis tanpa perlu Anda kendalikan.

Perawatan Thermostat yang Tepat

Ketika memutuskan untuk memiliki sesuatu, artinya Anda harus siap juga untuk merawatnya. Seperti halnya mobil, pada bagian mobil tentu terdapat beberapa komponen yang tidak boleh Anda lewatkan terkait cara perawatannya.

Bagi Anda para pemilik mobil alangkah lebih baiknya jika mengetahui perawatan thermostat yang tepat untuk membuatnya lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Peran thermostat yang cukup berpengaruh terhadap suhu mesin juga perlu mendapatkan perawatan yang benar.

Thermostat adalah salah satu komponen mobil yang berada di saluran pembuangan mesin. Perlu Anda ketahui bahwa perawatan thermostat yang kurang tepat dapat mempengaruhi mesin mobil dan menimbulkan kerusakan pada komponen lain yang ada didalamnya.

Untuk merawat thermostat, Anda harus membuka saluran engine yang mengarah ke bagian radiator. Saluran engine yang dibuka akan membuat sirkulasi cairan pendingin menjadi lancar dan stabil. Anda harus memastikan bahwa cairan pendingin yang masuk pada radiator tersebut bisa didinginkan.

Ciri-Ciri  Thermostat Mengalami Kerusakan

Baca Juga : Inilah Penyebab Motor Susah Distarter Padahal Aki Baru

Fungsi thermostat sebagai salah satu komponen penting dalam mobil harus benar-benar dijaga dan jangan sampai mengalami kerusakan.

Apabila thermostat pada mobil mengalami kerusakan, maka Anda harus segera menggantinya di bengkel resmi Suzuki agar dapat berfungsi dengan normal kembali.

Thermostat yang mengalami kerusakan dapat Anda kenali melalui ciri-cirinya. Berikut ini beberapa ciri khas thermostat mobil kesayangan Anda mengalami kerusakan.

  • Membutuhkan Waktu Yang Lama Untuk Mencapai Suhu Kerja Mesin

Ciri pertama yang dapat Anda ketahui apabila thermostat mobil mengalami kerusakan yaitu membutuhkan waktu cukup lama untuk mencapai suhu kerja mesin. Aliran cairan pendingin yang sudah mengarah ke radiator dalam keadaan masih dingin membuat suhunya rendah karena thermostat terbuka.

  • Thermostat Terbuka Pada Suhu Kamar

Thermostat yang terbuka pada suhu kamar atau 30 derajat Celcius juga menjadi salah satu cirinya ketika mengalami kerusakan. Apabila Anda menemukan ciri-ciri tersebut pada thermostat mobil, maka dianjurkan untuk segera menggantinya agar fungsinya dapat normal kembali seperti sebelumnya.

Dampak yang Akan Timbul Jika Mencopot Thermostat Mobil

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya