Tips & Trik

Ini Efek Membersihkan Karburator Pakai Bensin

PUBLISHED DATE : 21 Oktober 2019

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Ini-Efek-Membersihkan-Karburator-Pakai-Bensin.jpg

Mungkin sudah banyak dari Anda yang sudah tahu bahwa suara kasar dan tarikan sepeda motor terasa berat biasanya penyebabnya adalah karburatornya kotor.  Karburator kotor yang kotor tidak akan berfungsi dengan baik dan hal ini juga bisa menyebabkan sepeda motor mogok.

Salah satu solusi untuk masalah ini adalah membersihkan karburator. Banyak pemilik motor yang mengerjakan proses pembersihan karburator ini sendiri. Hal ini tidak masalah asalkan memang Anda tahu betul bagaimana proses pembersihan karburator yang benar.

Tapi sayangnya, saat ini beberapa pemilik sepeda motor saat ini melakukan pembersihan karburator dengan cara yang salah, yaitu menggunakan bensin atau bahan bakar kendaraan untuk membersihkan karburator.

Baca Juga : Tanda-Tanda AC Mobil Sedang Bermasalah

Kenapa tidak disarankan pakai bahan bakar kendaraan?

Karena bahan bakar kendaraan, seperti bensin atau solar, bisa menyebabkan karet yang ada di dalam karburator menjadi getas dan mudah untuk sobek. Jika  karet yang ada di dalam karburator sudah rusak, maka sudah bisa dipastikan kinerja karburator tidak akan maksimal dan bisa menyebabkan karburator tersebut menjadi rusak.

Lalu bagaimana cara membersihkan yang benar?

Baca Juga : Kebiasaan Sepele yang Bikin Minyak Rem Gampang Rusak

Dengan menggunakan cairan pembersih karburator dan injektor. Saat ini sudah tersedia banyak pembersih karburator atau injektor di pasaran. Umumnya pembersih karburator dan injektor sepeda motor ini bisa membersihkan kotoran, karbon, varnish dan gum, sehingga tarikan motor dapat lancar dan konstan kembali.

Cara kerja cairan ini adalah membersihkan saluran masuk, klep, ruang bakar dan saluran buang. Jika cairannya masuk dalam kategori bagus biasanya akan bisa pula membersihkan kerak yang ada didalamnya.

Masih ragu? Serahkan pada ahlinya!

Baca Juga : Apa Itu Kruk As? Ini Fungsi dan Bagian-Bagiannya

Jika Anda merasa masih ragu untuk membersihkan sendiri karburator motor, ada baiknya jika Anda menyerahkan pada mekanik handal yang selalu siap sedia di bengkel resmi motor Suzuki. Mekanik Suzuki akan membersihkan karburator yang kotor dengan cara yang tepat.

Jangan lupa, untuk menghindari masalah karburator kotor, lakukan servis berkala juga di bengkel resmi motor Suzuki. Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan bengkel resmi Suzuki terdekat, silakan klik link ini atau telepon Halo Suzuki di 0800 1100 800 (bebas pulsa).

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya