Tips & Trik

Oli Mesin Motor Manual Dipakai Matic, Apa yang Terjadi?

Saat ini ada dua jenis motor yang dijual di pasaran yakni motor matic dan juga motor manual. Kebanyakan dari kita sekarang lebih suka menggunakan motor matic karena simple untuk dikendarai, kita tidak perlu lagi repot-repot oper gigi saat mengendarai motor matic. Berbeda dengan menaiki motor manual yang memaksa kita untuk mengoper gigi saat mengendarai nya.

Kedua jenis motor ini tentu saja juga harus mendapatkan perawatan, terutama perawatan pada mesin motor. Nah salah satu bentuk perawatan terhadap mesin motor adalah dengan memberi pelumas atau oli mesin motor. Namun dalam membeli oli mesin motor ini apakah sama untuk motor matic dan manual?

Bisakah Oli Mesin Motor Manual Dipakai Untuk Motor Matic?

oli mesin motor

 

Anda harus tahu jika antara motor manual dan motor matic ini memiliki sistem yang berbeda. Karena pada motor manual ini memakai kopling basah yang artinya kopling ini akan terendam oleh oli. Berbeda pada motor matik yang memakai kopling kering.

1.   Oli Matic Dipakai Untuk Motor Manual

Jika motor manual menggunakan oli khusus motor matic maka bisa menyebabkan terjadinya selip kopling. Hal ini karena pelumas oli mesin motor matic lebih dikhususkan pada kinerja dari mesin.

Ini berarti formula pada oli matic berguna untuk mengurangi gesekan pada mesin seminim mungkin, hal ini akan membuat mesin menjadi bekerja lebih ringan dan juga pemakaian bahan bakar menjadi lebih efisien.

2.   Oli Manual Dipakai Untuk Motor Matic

Lalu bagaimana jika oli motor manual dipakai untuk motor matic? nah karena motor matic ini kebanyakan menggunakan kopling kering, dan pada kopling kering ini berada di CVT jadi tugas dari oli hanya untuk memberikan perlindungan internal terhadap mesin saja. Jadi bukan menjadi masalah jika oli manual dipakai untuk motor matic.

Jadi kesimpulannya adalah oli motor manual ini tidak disarankan jika dipakai untuk motor matic, begitu pun dengan sebaliknya. Oli motor matic tidak disarankan dipakai untuk motor manual.

Jika kita menggunakan oli motor matic untuk motor manual maka resikonya akan terjadi selip kopling pada motor manual kita tersebut.

Cara Membedakan Oli Motor Manual dan Oli Motor Matic

Setelah Anda mengetahui apakah oli manual aman dipakai untuk motor matic dan juga sebaliknya, tentu saja Anda yang memiliki motor matic akan tenang-tenang saja kan sebab tidak masalah motor matic menggunakan oli motor manual. Namun bagi Anda yang memiliki motor manual tentu saja akan berhati-hati dalam memilih oli agar tidak salah pilih.

Lalu Bagaimana Cara Membedakan Oli Motor Matic dan Oli Motor Manual?

Tentu saja antara oli motor matic dan juga oli motor manual memiliki perbedaan yang bisa Anda lihat dari kemasan atau botol oli tersebut. Berikut dibawah ini adalah cara membedakan oli motor manual dan oli motor matic.

Melihat Kode Jaso Pada Kemasan Oli Motor

Cara paling mudah yang bisa kita lakukan untuk membedakan oli motor matic dan oli motor manual adalah melihat dari kode Jaso atau Japanese Automotive Standards Association.

Biasanya untuk oli motor matic ini mendapatkan kode JASO MB yang berarti menunjukan terdapat kandungan Molibdenum di dalam oli tersebut. kandungan ini berguna untuk menambahkan tingkat pelumasan pada mesin.

Sedangkan pada oli motor manual ini mendapatkan kode JASO MA yang berarti terdapat kandungan zat aditif berupa senyawa yang berguna untuk menjadikan kopling menjadi presisi. Jika kita menggunakan oli motor matic maka pergesekan gigi transmisi akan menjadi kasar.

Perhatikan Kekentalan Oli Motor

Selain melihat dari kode JASO yang terdapat pada kemasan oli, kita juga bisa membedakan oli motor matic atau manual melalui tingkat kekentalan dari oli motor tersebut.

Untuk oli motor manual biasanya lebih kental dibandingkan dengan oli motor matic. Hal ini karena oli motor manual bekerja untuk membuat kopling menjadi lebih presisi.

Sedangkan untuk oli motor matic ini biasanya akan lebih encer jika dibandingkan dengan oli motor manual. Hal ini karena oli motor matic hanya berguna untuk memberikan perlindungan terhadap mesin motor saja.

Tips Memilih Oli Motor Yang Berkualitas

suzuki genuine oil

 

Selanjutnya saya akan memberikan beberapa tips yang mungkin berguna untuk Anda dalam memilih oli motor sesuai dengan motor yang Anda miliki. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

1.   Bisa Melapisi Logam Mesin Pada Kendaraan

Oli mesin motor yang berkualitas tentu saja harus bisa melapisi logam mesin pada kendaraan. Dengan dilapisi dengan pelumas tentu saja mesin menjadi lebih awet dan juga enak saat digunakan berkendara. Selain itu juga harus bisa membuat mesin selalu terjaga dan tidak mudah aus.

2.   Bisa Menahan Gesekan Putaran Mesin

Oli motor yang berkualitas tentu saja harus bisa menahan semua gesekan dari putaran mesin sehingga mesin akan menjadi lebih awet dan juga tidak menimbulkan efek gram-gram lembut di mesin motor.

3.  Bisa Menjaga Kopling Agar Tidak Selip

Kopling motor selip tentu saja menjadi masalah yang cukup serius, jika ini terjadi pada motor Anda maka Anda harus segera melakukan service di bengkel terpercaya. Oleh sebab itu untuk menghindari hal ini Anda harus memilih oli motor yang cocok sehingga bisa menjaga kopling motor agar tidak selip.

4.   Memiliki Jarak Tempuh Sesuai Label Produk

Setiap oli motor tentu saja memiliki jarak tempuh yang berbeda-beda. Ini artinya setiap sudah melebihi jarak tempuh maka oli harus segera diganti.

Untuk itu Anda harus memilih oli motor yang memiliki jarak tempuh sesuai yang tertera di label produk, untuk menghindari oli habis sebelum jarak tempuh. Oli motor yang habis bisa menimbulkan kerusakan  pada mesin motor, resikonya motor bisa turun mesin.

5.   Mampu Menambah Kecepatan Motor

Yang terakhir adalah pilihlah oli motor yang bisa menambah kecepatan laju motor yang kita miliki. Dengan begitu motor menjadi bisa lebih cepat dan optimal saat digunakan untuk berkendara di jalan raya.

6.   Mampu Menjaga Mesin Agar Tidak Mudah Panas

Terkadang oli yang tidak berkualitas ini bisa membuat mesin motor menjadi cepat panas, apalagi saat digunakan untuk perjalanan jauh. Untuk itu sebaiknya Anda pilihlah oli motor yang bisa menjaga kondisi mesin agar tetap stabil dan tidak mudah panas.

Hal ini sangat penting karena jika mesin motor terlalu panas maka bisa menurunkan performa motor dan juga bisa membuat mesin motor menjadi cepat rusak.

Sekianlah pembahasan mengenai oli motor manual dipakai matic, namun Suzuki tidak menyarankan penggunaan oli tersebut, karena harus sesuai dengan standar nya masing-masing motor, dan sebaiknya dalam melakukan pergantian oli motor Anda lakukan di bengkel atau service center Suzuki.

Jadi jika Anda pengguna kendaraan Suzuki dan ingin mengganti oli maka disarankan untuk menggunakan oli keluaran Suzuki yaitu ECSTAR (untuk mobil) dan Suzuki Genuine Oil (untuk motor).

Berita Lainnya