Tips & Trik

Begini Cara Kerja Rem ABS pada Sepeda Motor

PUBLISHED DATE : 09 Desember 2019

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Begini-Cara-Kerja-Rem-ABS-pada-Sepeda-Motor.png

Foto: teknologi.inilah.com

Teknologi pengereman baru Anti-lock Braking System (ABS) pada sepeda motor konon mampu meredam kecelakaan sepeda motor sampai 27%. Bahkan, karena kehebatannya ini, Kementerian Perhubungan Indonesia (Kemenhub) mengharapkan seluruh sepeda motor yang dijual punya fitur ini.

Sistem rem ABS disematkan di sepeda motor agar pada saat pengereman mendadak sepeda motor tidak selip atau ngepot. Ini dianggap sangat penting, apalagi ketika jalanan basah ataupun licin. Untuk lebih memahami akan fungsi ABS pada sepeda motor, berikut adalah penjelasan singkatnya.

Baca Juga : Tanda-tanda Ban Mobil Sudah Waktunya untuk Diganti

Saat sepeda motor berjalan, speed sensor yang ada ada pada ABS akan membaca kecepatan baik roda depan maupun belakang. Nah ketika kecepatan ada yang tidak sama, maka akan diinformasikan ke ECU. Dari situ, akan dibawa ke modulator. ECU lalu akan menghidupkan solenoid.

Tekanan fluida pada kaliper dikurangi, dipertahankan, dan naik kembali. Karena kalau salah satu antara roda depan dan belakang tidak sama kecepatannya, maka bisa terjadi selip. Jadi ECU ini akan menyesuaikan supaya terjadi pengereman. ABS akan membantu supaya roda tidak lock ketika pengereman terjadi (kecepatan roda depan dan belakang sama).

Dalam pengereman, ada 3 proses. Ketika menekan tuas rem, otomatis tekanan fluida ke kaliper itu kuat sekali sebab putaran roda masih sangat kencang. Begitu putaran roda sama, maka tekanan fluida itu dipertahankan sampai sepeda motor berhenti Saat putaran roda masih kencang, tekanan fluida tadi akan mencengkeram lagi.

Baca Juga : Ini Fungsi Stator Pada Alternator dan Cara Kerjanya

Itulah penjelasan singkat tentang cara kerja rem ABS pada sepeda motor. Semoga bermanfaat dan ingat untuk selalu rutin melakukan servis berkala di bengkel resmi Suzuki agar sepeda motor Suzuki kesayangan Anda tetap dalam kondisi prima dan siap digunakan kapanpun. Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan bengkel resmi Suzuki terdekat, silakan klik link ini atau telepon Halo Suzuki di 0800 1100 800 (bebas pulsa).

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya