Tips & Trik

Mari Mengenal Apa Fungsi Filter Udara Mobil dan Motor

PUBLISHED DATE : 12 Juli 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/filter_udara.jpg

Setiap mesin pada mobil atau motor pasti dilengkapi dengan filter udara. Tahukah Anda apa fungsi filter udara secara keseluruhan? Sebagai pemilik kendaraan, sangatlah penting untuk tahu apa fungsi dari komponen ini.

Sesuai dengan namanya, filter udara memiliki fungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam ruang bakar. Udara yang digunakan dalam proses pembakaran harus benar-benar bersih sehingga tidak menyumbat sistem injeksi atau karburator. 

Oleh karena itulah filter udara tidak boleh dilepas dari mesin mobil atau motor. Mengenal apa saja fungsi saringan udara pada kendaraan ini sangat penting untuk mendukung supaya perawatan yang dilakukan benar. 

Baca Juga : Fungsi Washer Mobil : Komponen & Cara Kerjanya

Apa saja fungsinya dan apa tanda kerusakan pada filter yang harus diwaspadai? Anda bisa menyimaknya di sini. 

5 Macam Fungsi Filter Udara Mobil serta Motor

Filter udara berada di bagian atas mesin dan tertutup dalam rumah filter. Nantinya akan mengalirkan udara ke ruang bakar. Rumah filter juga dilindungi oleh klep, tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya kebocoran. 

Performa yang dimiliki oleh kendaraan akan tergantung pada kebersihan filter udara. Hal ini mengingat ada beberapa fungsi filter udara yang perlu diperhatikan sebagai berikut. 

    1. Menyaring Udara

Baca Juga : Ini Fungsi Intake Air Temperature Sensor & Cara Kerjanya

Diciptakan untuk menyaring udara, itulah peranan utama yang dimiliki oleh filter udara. Tenaga mesin dihasilkan karena adanya pembakaran yang dibantu oleh udara. Jenis udara yang digunakan perlu disaring terlebih dahulu karena memiliki kandungan kotoran. 

Baik debu, pasir atau kotoran lainnya nantinya akan menempel pada filter sehingga tidak masuk ke ruang bakar. Ketika terdapat kotoran dalam udara yang masuk ke ruang bakar, maka akan membuat proses pembakaran tidak sempurna. 

Inilah fungsi filter udara motor dan juga mobil yang tidak boleh terlupakan sehingga perawatannya harus terus diperhatikan. 

    2. Menjaga Ruang Bakar Tetap Bersih

Baca Juga : Fungsi Throttle Position Sensor Pada Mobil & Cara Kerjanya

Fungsi filter udara lainnya adalah supaya ruang bakar bisa tetap terjaga kebersihannya. Ruang bakar adalah bagian yang tidak bisa dibersihkan secara langsung oleh teknisi. Sehingga bahan yang masuk di dalamnya seperti udara dan juga bbm perlu dijaga kualitasnya. 

Kotoran bisa masuk bersamaan dengan udara atau kualitas bahan bakar yang rendah. Padahal jika kotoran banyak yang masuk ke ruang bakar akan mengganggu proses pembakaran menjadi tidak maksimal. 

Filter udara juga akan menjaga masalah teknis lainnya. Karena kotoran tak hanya membuat ruang bakar bermasalah, tetapi juga mampu menyumbat di beberapa bagian mesin. Apabila terjadi sumbatan, maka biaya yang harus dikeluarkan lebih banyak lagi untuk perbaikan. 

    3. Menghindari Kemunculan Kara

Udara tidak hanya mengandung kotoran tetapi juga mengandung air. Kelembaban dalam udara tidak boleh masuk ke dalam ruang bakar karena akan menciptakan oksidasi pada komponen mesin mobil dan motor. 

Selain itu air hujan juga mudah masuk yang perlu dicegah oleh filter udara. Jadi selain kotoran, filter udara juga akan menahan air sehingga kondisi ruang bakar dan mesin tetap kering. Korosi sangat berbahaya bagi mesin dan jika sudah muncul akan mempengaruhi area lainnya. 

Apabila Anda menjaga kondisi dari filter udara tetap baik, maka oksidasi tidak akan terjadi dan karat tidak muncul. 

    4. Mencegah Timbulnya Kerak

Selain karat, masalah yang sering muncul adalah kerak pada mesin. Fungsi filter udara adalah mencegah timbulnya kerak tersebut yang dibawa oleh kotoran dalam udara serta gerakan dari piston dan klep . 

Ketika kotoran tersebut menumpuk dan mengeras, maka akan semakin sulit dibersihkan. Ketika filter udara bisa bekerja sesuai dengan fungsinya, maka masalah kerak ini akan bisa dihindari. 

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya