Tips & Trik

Mari Mengenal Apa Fungsi Filter Udara Mobil dan Motor

PUBLISHED DATE : 12 Juli 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/filter_udara.jpg

Anda juga tidak kesulitan dalam membersihkan kotoran karena akan lebih mudah untuk dihilangkan secara rutin. 

    5. Menjaga Kondisi Motor Tetap Bertenaga

Apakah Anda sering merasa mesin kurang bertenaga? Mungkin saja masalahnya terdapat pada filter udara yang kotor. Fungsi dari filter adalah menyaring kotoran dari udara yang perannya sangat besar untuk menjaga pembakaran tetap terjadi dengan baik. 

Pembakaran yang bagus akan membuat mobil dan motor tetap bertenaga. Maka menjaga kebersihan dan kualitas filter udara dapat mempengaruhi tenaga yang dihasilkan oleh mesin. 

Selain masalah pada filter udara, mesin motor atau mobil yang tidak bertenaga juga disebabkan oleh setelan karburator atau kondisi accu yang rusak. 

filter_udara_mobil

5 Tanda Kerusakan pada Filter Udara dan Harus Diganti 

Kapan waktunya Anda harus mengganti filter udara? Komponen ini termasuk yang memiliki umur pakai, sehingga memiliki waktu penggantian berkala. Anda tidak bisa hanya membersihkannya setiap saat. 

Beberapa produsen mobil menyarankan untuk menggantinya jika sudah menempuh jarak 30.000 - 40.000 km. Namun harus tetap disesuaikan juga dengan medan yang dilewati sehari-hari. 

Misalnya saja jika terlalu sering melewati area offroad, maka penggantian perlu dilakukan setiap 20.000 - 25.000 km. Berbeda dengan mobil, filter udara motor perlu diganti saat mencapai 16.000 km untuk jenis filter busa. 

Jika menggunakan filter jenis kertas, maka saat jarak tempuh mencapai 8.000 - 10.000 km harus segera diganti. Namun apabila motor jarang digunakan maka filter udara sebaiknya diganti 6 bulan sekali. 

Apa yang terjadi jika fungsi filter udara tidak bisa bekerja semestinya karena kotor? Untuk tahu apakah kendaraan perlu penggantian filter udara, Anda bisa memperhatikan beberapa tanda berikut ini. 

  • Bahan Bakar Lebih Boros

Tanda pertama yang akan sangat terlihat adalah bahan bakar yang digunakan lebih boros dari sebelumnya. Pembakaran yang tidak sempurna akibat kotoran yang tidak tersaring dengan baik akan mengakibatkan pasokan bahan bakar berlebihan. Jadi konsumsi bbm yang tadinya irit kini jadi lebih boros. 

  • Mengecek Kondisi Fisik Filter

Pada saat Anda melakukan servis atau bisa juga dilakukan di rumah, cek bagaimana kondisi dari filter udara. Apabila Anda sudah merasakan bahwa mobil atau motor lebih boros, cobalah membuka rumah filter dan mengecek kondisi filter. 

Apabila filter udara berubah menjadi warna hitam artinya banyak kotoran menumpuk yang harus dibersihkan. Jika filter basah, maka harus segera diganti. 

  • Muncul Asap dari Knalpot

Motor dan mobil seharusnya tidak mengeluarkan asap warna putih apalagi hitam dari knalpot. Jika muncul, artinya terdapat masalah pada filter udaranya. Hal ini disebabkan pembakaran tidak dilakukan dengan benar. 

Akibatnya muncul asap tebal dari knalpot yang akan sangat mengganggu saat berkendara. Selain itu juga membahayakan kondisi mesin lainnya. 

Perhatikan ketiga tanda ini yang bisa menjadi ciri bahwa filter udara mobil atau motor Anda perlu penggantian. Apabila tanda tersebut muncul, hindari untuk mengganti atau membersihkan filter udara sendiri. 

Anda bisa memperbaikinya langsung ke bengkel resmi Suzuki terdekat supaya langsung ditangani oleh teknisi ahli. Anda bisa mengunjungi salah satu dari bengkel resmi Suzuki berikut ini.

  1. Nusantara Jaya Sentosa (NJS) di Bandung, www.suzukinjs.co.id
  2. Arindo Gedong Jembar (AGJ) di Tegal, www.suzukiarindo.co.id
  3. Cinta Damai Putra Bahagia (CDPB) di Cirebon, www.suzukicintadamai.co.id
  4. Solo Indonesia Utama (SIU) di Solo, www.suzukisurakarta.co.id
  5. Sejahtera Sunindo Trada( SST) di Semarang, www.suzukitradajateng.co.id
  6. Sumber Baru Aneka Motor (SBAM) di Yogyakarta, www.suzukisumberbaru.co.id
  7. United Motor Centre (UMC) di Surabaya, www.suzukiumc.co.id
  8. Sejahtera Buana Trada (SBT) di Surabaya, www.suzukitrada.co.id
  9. United Indo Bali (UIB) di Bali, www.suzukibali.id

Melalui website dari masing-masing dealer, Anda bisa mengakses booking service mandiri, transaksi dan konsultasi suku cadang serta mendeteksi lokasi langsung. Jadi Anda tak perlu bingung mencari lagi manakah dealer resmi Suzuki terdekat. 

Anda juga tidak perlu mengantri lagi dan datang di jadwal yang sudah ditentukan. Melalui website yang sama, Anda bisa mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai produk dari Suzuki

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya