Tips & Trik

Mari Mengenal Apa Fungsi Filter Udara Mobil dan Motor

PUBLISHED DATE : 12 Juli 2021

Filter Udara

Apabila Anda menjaga kondisi dari filter udara tetap baik, maka oksidasi tidak akan terjadi dan karat tidak muncul. 

    4. Mencegah Timbulnya Kerak

Selain karat, masalah yang sering muncul adalah kerak pada mesin. Fungsi filter udara adalah mencegah timbulnya kerak tersebut yang dibawa oleh kotoran dalam udara serta gerakan dari piston dan klep . 

Ketika kotoran tersebut menumpuk dan mengeras, maka akan semakin sulit dibersihkan. Ketika filter udara bisa bekerja sesuai dengan fungsinya, maka masalah kerak ini akan bisa dihindari. 

Anda juga tidak kesulitan dalam membersihkan kotoran karena akan lebih mudah untuk dihilangkan secara rutin. 

    5. Menjaga Kondisi Motor Tetap Bertenaga

Apakah Anda sering merasa mesin kurang bertenaga? Mungkin saja masalahnya terdapat pada filter udara yang kotor. Fungsi dari filter adalah menyaring kotoran dari udara yang perannya sangat besar untuk menjaga pembakaran tetap terjadi dengan baik. 

Baca Juga : Lupa Mengganti Oli Mobil? Risiko Ini yang Harus Anda Tanggung

Pembakaran yang bagus akan membuat mobil dan motor tetap bertenaga. Maka menjaga kebersihan dan kualitas filter udara dapat mempengaruhi tenaga yang dihasilkan oleh mesin. 

Selain masalah pada filter udara, mesin motor atau mobil yang tidak bertenaga juga disebabkan oleh setelan karburator atau kondisi accu yang rusak. 

filter_udara_mobil

5 Tanda Kerusakan pada Filter Udara dan Harus Diganti 

Kapan waktunya Anda harus mengganti filter udara? Komponen ini termasuk yang memiliki umur pakai, sehingga memiliki waktu penggantian berkala. Anda tidak bisa hanya membersihkannya setiap saat. 

Beberapa produsen mobil menyarankan untuk menggantinya jika sudah menempuh jarak 30.000 - 40.000 km. Namun harus tetap disesuaikan juga dengan medan yang dilewati sehari-hari. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya