Tips & Trik

Tips Sederhana Membersihkan Busi

PUBLISHED DATE : 09 Mei 2018

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Tips_Sederhana_Membersihkan_Busi1.jpg

Sebenarnya merawat busi bukanlah hal yang berat. Anda sendiri pun bisa melakukannya di rumah, dengan hanya modal kunci busi dan perlengkapan tambahan. Waktu untuk melakukannya pun tergolong singkat, hanya beberapa menit saja, bahkan kadang kurang dari 5 menit.

Kapan busi dibersihkan?

Sebenarnya busi harus segera dibersihkan ketika bagian kepalanya sudah hitam dan dipenuhi dengan arang sisa-sisa pembakaran. Pasalnya, saat kepala busi sudah menghitam, elektroda busi akan sulit mengalirkan listrik hingga membuat kendaraan Anda sulit dihidupkan.

Baca Juga : Mau Kaca Helm Tidak Buram? Begini Cara Merawatnya

Nah jika Anda bingung kapan waktu terbaik mengganti busi, menurut Imam, salah satu montir profesional asal Daan Mogot, Jakarta, membersihkan busi bisa dilakukan setiap kendaraan menepuh jarak 4000 km.

Menurutnya, jarak umumnya busi kendaraan sudah dipenuhi dengan karbon sisa pembakaran. Indikasinya, biasanya kendaraan akan sedikit sulit untuk dihidupkan karena proses pengapian yang terganggu, nafas kendaraan terdengar pendek, laju kendaraan tersendat-sendat, atau bahkan mogok.

Untuk membersihkan busi yang sudah kotor, Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Pastikan mesin kendaraan Anda sedang dalam kondisi dingin. Jika masih panas, sebaiknya tunggu hingga dingin.
  2. Buka busi dengan menggunakan kunci busi, kemudian siram bagian kepala busi dengan bensin. Ingat hanya di siram sedikit saja.
  3. Setelah itu, bersihkan kerak atau sisa karbon pembakaran dengan sikat kawan. Lakukan hingga bersih, dan siram kembali busi untuk menghilangkan sisa-sisa kerak tersebut.
  4. Terakhir, semprot busi dengan kompresor, dan keringkan. Cek apakah masih mengeluarkan api atau tidak. Jika api-nya masih bagus, Anda bisa menggunakannya kembali.

Baca Juga : Agar Tetap Nyaman, Selalu Ingat Jadwal Spooring dan Balancing Roda Mobil Anda

Sebagai catatan, sebaiknya jangan merendam busi di dalam bensin. Pasalnya cara ini bisa mengikis elektroda pada busi, dan membuatnya cepat rusak. Seperti disebutkan di atas, caranya bukan direndam, tapi disiram saja agar sisa karbon pembakaran mudah dibersihkan.

Selain itu, hindari membersihkan busi dengan meng-amplas bagian elektrodanya, atau memajukan dan memundurkan bagian kepala busi untuk mendapatkan api yang lebih besar. Cara ini justru akan membuat usia pakai busi lebih singkat (cepat mati).

Jika ternyata busi yang digunakan sudah mati, sebaiknya ganti dengan merek busi berkualitas tinggi, atau yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan kendaraan Anda. Selamat mencoba!

Baca Juga : Tips Memilih Velg Bekas dengan Kondisi Bagus

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya