Tips & Trik

Cara Memperbaiki Busi yang Mati Dalam Kondisi Darurat

PUBLISHED DATE : 18 Juni 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/busi_motor1.jpg

Ada banyak kejadian tidak diinginkan yang sering terjadi di tengah jalan ketika sedang mengendarai motor.

Salah satunya adalah busi yang tiba-tiba mati, yang pastinya akan membuat Anda panik. Jika hal itu terjadi, Anda bisa menerapkan beberapa cara memperbaiki busi yang mati di bawah ini.

Memperbaiki Posisi Busi Motor Anda

Cara memperbaiki busi motor yang mati pertama adalah dengan memperbaiki posisi busi tersebut. Walaupun posisi busi hanya bergeser sedikit saja, itu sudah menjadi alasan mengapa komponen ini mendadak mati. Hal ini bisa terjadi karena ada benda yang menggeser busi dari colokannya.

Baca Juga : Ini Efek Salah Pakai Oli pada Mesin Mobil

Setelah Anda memastikan bahwa posisi busi sudah pada tempatnya, maka coba nyalakan kembali motornya. Cara yang satu ini terbilang cukup mudah asal Anda tahu di mana letak busi tersebut. 

Melakukan Pembakaran di Bagian Elektroda

Salah satu penyebab busi mendadak mati di tengah jalan adalah kesalahan proses pembakaran bahan bakarnya. Hal ini bisa menyebabkan bensin terhisap terlalu banyak, sehingga di bagian ruang mesin menjadi penuh. Oleh sebab itu, Anda bisa mengatur agar pembakaran dilakukan pada elektroda busi. 

Jika cara pertama tidak berhasil, cobalah untuk menggunakan trik dengan membakar bagian elektroda. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membersihkan busi terlebih dahulu, lalu bagian elektrodanya dibakar menggunakan api kecil.

Baca Juga : Yuk Mengenal Komponen Aki Kering dan Basah

Anda bisa membakar elektroda dengan menggunakan las atau kompor gas. Setelah itu, Anda bisa menunggu hingga beberapa menit sampai busi dingin. Ingat, jangan langsung memasukkan busi jika masih terlalu panas karena hal itu akan membahayakan motor. 

Memecahkan Kaca Pemantik

Penyebab lain mengapa busi bisa cepat mati bisa jadi karena di dalam ruang mesin sudah terlalu basah oleh oli. Hal ini menyebabkan komponen ring seher menjadi aus dan busi mendadak mati. Selain busi yang cepat mati, hal ini juga bisa menyebabkan banyak asap yang keluar dari motor. 

Cara memperbaiki busi dalam kondisi ini adalah dengan memecahkan bagian kaca pemantiknya. Langkah pertamanya cukup dengan memecahkan terlebih dahulu bagian kaca keramiknya menggunakan obeng, tang atau batu.

Baca Juga : Komponen Piston: Fungsi dan Cara Merawatnya

Keramik yang dipecahkan ini berada di dalam busi itu sendiri dan ini digunakan untuk membungkus elektroda inti. Dalam hal ini, Anda disarankan menggunakan cara ini karena biasanya busi yang mati itu disebabkan oleh elektrodanya yang sudah dipenuhi banyak karbon.

Hal ini juga disebabkan karena busi sudah terlalu lama digunakan dan tidak berhasil melakukan proses pembakaran yang sempurna. Setelah dipecahkan, maka akan muncul aliran listrik yang akan masuk ke busi tanpa dihalangi oleh keramik insulator serta kerak karbon. Setelah itu, masukkan busi ke mesin.

Pastikan juga tidak ada serpihan kaca yang ikut masuk ke dalam mesin. Sebelum memasukkan ke mesin, Anda juga harus memastikan bahwa bagian busi sudah benar-benar bersih dan tidak ada serpihan kacanya karena hal ini bisa menimbulkan masalah baru.

Anda juga tidak disarankan untuk memukul keramik terlalu keras karena hal tersebut bisa membuat elektroda menjadi bengkok.

busi

Membersihkan Seluruh Bagian Busi

Alternatif lain yang bisa Anda lakukan ketika busi mati adalah membersihkan seluruh bagiannya dengan kain kering dan bersih. Setelah membersihkan busi, Anda juga bisa menghilangkan kotoran di dalamnya, barangkali hal itu menjadi penyebabnya mendadak mati.

Langkah pertama untuk membersihkannya adalah, Anda harus melepas terlebih dahulu kabel busi yang tertancap ke motor dengan kunci busi. Sebelumnya jangan lupa untuk mengingat urutan kabel-kabel tersebut agar tidak terjadi masalah baru apabila Anda salah memasangnya.

Setelah itu, Anda bisa melepaskan businya dengan bantuan kunci busi dan mulai membersihkan seluruh bagian komponen tersebut. 

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya