Tips & Trik

Cara Memperbaiki Busi yang Mati Dalam Kondisi Darurat

Ada banyak kejadian tidak diinginkan yang sering terjadi di tengah jalan ketika sedang mengendarai motor.

Salah satunya adalah busi yang tiba-tiba mati, yang pastinya akan membuat Anda panik. Jika hal itu terjadi, Anda bisa menerapkan beberapa cara memperbaiki busi yang mati di bawah ini.

Memperbaiki Posisi Busi Motor Anda

Cara memperbaiki busi motor yang mati pertama adalah dengan memperbaiki posisi busi tersebut. Walaupun posisi busi hanya bergeser sedikit saja, itu sudah menjadi alasan mengapa komponen ini mendadak mati. Hal ini bisa terjadi karena ada benda yang menggeser busi dari colokannya.

Setelah Anda memastikan bahwa posisi busi sudah pada tempatnya, maka coba nyalakan kembali motornya. Cara yang satu ini terbilang cukup mudah asal Anda tahu di mana letak busi tersebut. 

Melakukan Pembakaran di Bagian Elektroda

Salah satu penyebab busi mendadak mati di tengah jalan adalah kesalahan proses pembakaran bahan bakarnya. Hal ini bisa menyebabkan bensin terhisap terlalu banyak, sehingga di bagian ruang mesin menjadi penuh. Oleh sebab itu, Anda bisa mengatur agar pembakaran dilakukan pada elektroda busi. 

Jika cara pertama tidak berhasil, cobalah untuk menggunakan trik dengan membakar bagian elektroda. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membersihkan busi terlebih dahulu, lalu bagian elektrodanya dibakar menggunakan api kecil.

Anda bisa membakar elektroda dengan menggunakan las atau kompor gas. Setelah itu, Anda bisa menunggu hingga beberapa menit sampai busi dingin. Ingat, jangan langsung memasukkan busi jika masih terlalu panas karena hal itu akan membahayakan motor. 

Memecahkan Kaca Pemantik

Penyebab lain mengapa busi bisa cepat mati bisa jadi karena di dalam ruang mesin sudah terlalu basah oleh oli. Hal ini menyebabkan komponen ring seher menjadi aus dan busi mendadak mati. Selain busi yang cepat mati, hal ini juga bisa menyebabkan banyak asap yang keluar dari motor. 

Cara memperbaiki busi dalam kondisi ini adalah dengan memecahkan bagian kaca pemantiknya. Langkah pertamanya cukup dengan memecahkan terlebih dahulu bagian kaca keramiknya menggunakan obeng, tang atau batu.

Keramik yang dipecahkan ini berada di dalam busi itu sendiri dan ini digunakan untuk membungkus elektroda inti. Dalam hal ini, Anda disarankan menggunakan cara ini karena biasanya busi yang mati itu disebabkan oleh elektrodanya yang sudah dipenuhi banyak karbon.

Hal ini juga disebabkan karena busi sudah terlalu lama digunakan dan tidak berhasil melakukan proses pembakaran yang sempurna. Setelah dipecahkan, maka akan muncul aliran listrik yang akan masuk ke busi tanpa dihalangi oleh keramik insulator serta kerak karbon. Setelah itu, masukkan busi ke mesin.

Pastikan juga tidak ada serpihan kaca yang ikut masuk ke dalam mesin. Sebelum memasukkan ke mesin, Anda juga harus memastikan bahwa bagian busi sudah benar-benar bersih dan tidak ada serpihan kacanya karena hal ini bisa menimbulkan masalah baru.

Anda juga tidak disarankan untuk memukul keramik terlalu keras karena hal tersebut bisa membuat elektroda menjadi bengkok.

busi

Membersihkan Seluruh Bagian Busi

Alternatif lain yang bisa Anda lakukan ketika busi mati adalah membersihkan seluruh bagiannya dengan kain kering dan bersih. Setelah membersihkan busi, Anda juga bisa menghilangkan kotoran di dalamnya, barangkali hal itu menjadi penyebabnya mendadak mati.

Langkah pertama untuk membersihkannya adalah, Anda harus melepas terlebih dahulu kabel busi yang tertancap ke motor dengan kunci busi. Sebelumnya jangan lupa untuk mengingat urutan kabel-kabel tersebut agar tidak terjadi masalah baru apabila Anda salah memasangnya.

Setelah itu, Anda bisa melepaskan businya dengan bantuan kunci busi dan mulai membersihkan seluruh bagian komponen tersebut. 

Tempat busi berada merupakan bagian yang paling sering terkena kotoran atau debu. Oleh sebab itu, Anda harus membersihkannya juga. Setelah itu pasang kembali busi tersebut.

Menggosok Bagian Atas Busi Dengan Amplas

Cara mengatasi busi mati yang berikutnya adalah dengan menggosok bagian atasnya menggunakan amplas. Bisa saja busi Anda sudah berumur terlalu tua, sehingga banyak kotoran yang masuk ke dalamnya. 

Kotoran atau debu ini biasanya berasal dari proses pembakaran dan harus dibersihkan. Amplas yang Anda bawa bisa digunakan untuk menggosok bagian atasnya secara satu arah agar kotorannya bisa hilang. 

Lakukan hal tersebut berulang kali sampai busi bersih. Setelah itu, Anda bisa langsung memasang businya kembali di tempatnya. Dalam beberapa kasus, menggunakan cara ini terbukti ampuh agar busi bisa digunakan kembali ketika mendadak mati di tengah jalan. 

Merenggangkan Cop Busi

Cara memperbaiki busi yang mati juga bisa dengan melakukan peregangan pada bagian copnya. Tujuannya agar api yang dihasilkan oleh busi bisa berpindah ke bagian cop. Setelah api berhasil dinyalakan, Anda kemudian bisa memasang kembali cop dan motor sudah dapat digunakan kembali.

Mengatur Celah Katup Busi

Cara berikut memperbaiki busi yang mati selanjutnya adalah dengan mengatur celah dari katup busi.

Cara ini bertujuan untuk melihat percikan terbaik yang bisa dihasilkan dan jika berwarna merah, berarti busi sudah mati total. Anda bisa mengatur katup busi agar bisa kembali menghasilkan percikan api yang bagus.

Melakukan Pembakaran Pada Ujung Besi

Cara mengatasi busi mati selain dengan beberapa cara di atas juga bisa dengan membakar ujungnya. Langkah pertama dalam metode ini adalah menyiapkan pemantik, lalu coba bakar ujung busi hingga berwarna merah. Setelah itu, diamkan selama beberapa saat hingga suhunya normal.

Jika Anda rasa suhu busi tersebut sudah kembali normal, maka langkah berikutnya adalah dengan langsung memasang busi pada tempatnya. Hal ini juga harus Anda lakukan dengan hati-hati agar busi terpasang dengan tepat dan bisa berfungsi dengan baik.

Membeli Busi Baru

Penyebab lain busi cepat mati adalah ada yang bocor pada salah satu komponen bernama kompresi. Kompresi yang mengalami kebocoran akan menghilangkan tekanan di dalam ruang silinder pada ruang pembakaran dan menyebabkan busi mati. 

Cara yang satu ini juga bisa Anda terapkan apabila tips-tips sebelumnya tidak bekerja. Kemungkinan umur busi yang terlalu tua bisa menjadi penyebab mengapa ia mendadak mati dan karena itu Anda perlu menggantinya. 

Harga busi sendiri beragam dan Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan motor. Akan tetapi, jika sudah diganti dengan yang baru tetapi mendadak mati lagi kemungkinan motor Anda mengalami kerusakan. 

Apalagi jika motor Anda juga sudah terlalu tua, sebaiknya Anda mengantisipasi kondisi ini dengan menyediakan busi cadangan apabila mendadak mati di tengah jalan. 

Melakukan Service Bagian Karburator

Cara memperbaiki busi yang mati jika kebetulan Anda dekat dengan bengkel, maka bisa langsung diservice saja. Biasanya bagian yang diservice adalah karburatornya. Pihak bengkel akan melakukan pengecekan apakah kondisi jarum pengapungnya baik-baik saja atau tidak.

Jika Anda kebingungan mencari tempat yang pas untuk melakukan service motor, maka sangat disarankan untuk datang langsung ke bengkel resmi Suzuki terdekat.

Berita Lainnya