Tips & Trik

Cara Memperbaiki Busi yang Mati Dalam Kondisi Darurat

PUBLISHED DATE : 18 Juni 2021

Busi Motor1

Cara berikut memperbaiki busi yang mati selanjutnya adalah dengan mengatur celah dari katup busi.

Cara ini bertujuan untuk melihat percikan terbaik yang bisa dihasilkan dan jika berwarna merah, berarti busi sudah mati total. Anda bisa mengatur katup busi agar bisa kembali menghasilkan percikan api yang bagus.

Melakukan Pembakaran Pada Ujung Besi

Cara mengatasi busi mati selain dengan beberapa cara di atas juga bisa dengan membakar ujungnya. Langkah pertama dalam metode ini adalah menyiapkan pemantik, lalu coba bakar ujung busi hingga berwarna merah. Setelah itu, diamkan selama beberapa saat hingga suhunya normal.

Jika Anda rasa suhu busi tersebut sudah kembali normal, maka langkah berikutnya adalah dengan langsung memasang busi pada tempatnya. Hal ini juga harus Anda lakukan dengan hati-hati agar busi terpasang dengan tepat dan bisa berfungsi dengan baik.

Membeli Busi Baru

Penyebab lain busi cepat mati adalah ada yang bocor pada salah satu komponen bernama kompresi. Kompresi yang mengalami kebocoran akan menghilangkan tekanan di dalam ruang silinder pada ruang pembakaran dan menyebabkan busi mati. 

Baca Juga : Fungsi Kiprok Motor dan Gejala Kiprok yang Rusak

Cara yang satu ini juga bisa Anda terapkan apabila tips-tips sebelumnya tidak bekerja. Kemungkinan umur busi yang terlalu tua bisa menjadi penyebab mengapa ia mendadak mati dan karena itu Anda perlu menggantinya. 

Harga busi sendiri beragam dan Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan motor. Akan tetapi, jika sudah diganti dengan yang baru tetapi mendadak mati lagi kemungkinan motor Anda mengalami kerusakan. 

Apalagi jika motor Anda juga sudah terlalu tua, sebaiknya Anda mengantisipasi kondisi ini dengan menyediakan busi cadangan apabila mendadak mati di tengah jalan. 

Melakukan Service Bagian Karburator

Cara memperbaiki busi yang mati jika kebetulan Anda dekat dengan bengkel, maka bisa langsung diservice saja. Biasanya bagian yang diservice adalah karburatornya. Pihak bengkel akan melakukan pengecekan apakah kondisi jarum pengapungnya baik-baik saja atau tidak.

Jika Anda kebingungan mencari tempat yang pas untuk melakukan service motor, maka sangat disarankan untuk datang langsung ke bengkel resmi Suzuki terdekat.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya