Tips & Trik

Cara Memperbaiki Busi yang Mati Dalam Kondisi Darurat

PUBLISHED DATE : 18 Juni 2021

Busi Motor1

Salah satu penyebab busi mendadak mati di tengah jalan adalah kesalahan proses pembakaran bahan bakarnya. Hal ini bisa menyebabkan bensin terhisap terlalu banyak, sehingga di bagian ruang mesin menjadi penuh. Oleh sebab itu, Anda bisa mengatur agar pembakaran dilakukan pada elektroda busi. 

Jika cara pertama tidak berhasil, cobalah untuk menggunakan trik dengan membakar bagian elektroda. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membersihkan busi terlebih dahulu, lalu bagian elektrodanya dibakar menggunakan api kecil.

Anda bisa membakar elektroda dengan menggunakan las atau kompor gas. Setelah itu, Anda bisa menunggu hingga beberapa menit sampai busi dingin. Ingat, jangan langsung memasukkan busi jika masih terlalu panas karena hal itu akan membahayakan motor. 

Memecahkan Kaca Pemantik

Penyebab lain mengapa busi bisa cepat mati bisa jadi karena di dalam ruang mesin sudah terlalu basah oleh oli. Hal ini menyebabkan komponen ring seher menjadi aus dan busi mendadak mati. Selain busi yang cepat mati, hal ini juga bisa menyebabkan banyak asap yang keluar dari motor. 

Cara memperbaiki busi dalam kondisi ini adalah dengan memecahkan bagian kaca pemantiknya. Langkah pertamanya cukup dengan memecahkan terlebih dahulu bagian kaca keramiknya menggunakan obeng, tang atau batu.

Baca Juga : Ketahui, Ini Komponen Differential dan Fungsinya Pada Mobil

Keramik yang dipecahkan ini berada di dalam busi itu sendiri dan ini digunakan untuk membungkus elektroda inti. Dalam hal ini, Anda disarankan menggunakan cara ini karena biasanya busi yang mati itu disebabkan oleh elektrodanya yang sudah dipenuhi banyak karbon.

Hal ini juga disebabkan karena busi sudah terlalu lama digunakan dan tidak berhasil melakukan proses pembakaran yang sempurna. Setelah dipecahkan, maka akan muncul aliran listrik yang akan masuk ke busi tanpa dihalangi oleh keramik insulator serta kerak karbon. Setelah itu, masukkan busi ke mesin.

Pastikan juga tidak ada serpihan kaca yang ikut masuk ke dalam mesin. Sebelum memasukkan ke mesin, Anda juga harus memastikan bahwa bagian busi sudah benar-benar bersih dan tidak ada serpihan kacanya karena hal ini bisa menimbulkan masalah baru.

Anda juga tidak disarankan untuk memukul keramik terlalu keras karena hal tersebut bisa membuat elektroda menjadi bengkok.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Shutterstock 306192254

Aturan Mengencangkan Rantai Motor

Rantai sepeda motor yang terlalu kendur memang bisa menyebabkan suara berisik dan tenaga mesin menjadi terasa berkurang. Karena itulah, banyak pengendara motor yang memutuskan untu...

selengkapnya