Tips & Trik

Cara Memperbaiki Busi yang Mati Dalam Kondisi Darurat

PUBLISHED DATE : 18 Juni 2021

Busi Motor1

busi

Membersihkan Seluruh Bagian Busi

Alternatif lain yang bisa Anda lakukan ketika busi mati adalah membersihkan seluruh bagiannya dengan kain kering dan bersih. Setelah membersihkan busi, Anda juga bisa menghilangkan kotoran di dalamnya, barangkali hal itu menjadi penyebabnya mendadak mati.

Langkah pertama untuk membersihkannya adalah, Anda harus melepas terlebih dahulu kabel busi yang tertancap ke motor dengan kunci busi. Sebelumnya jangan lupa untuk mengingat urutan kabel-kabel tersebut agar tidak terjadi masalah baru apabila Anda salah memasangnya.

Setelah itu, Anda bisa melepaskan businya dengan bantuan kunci busi dan mulai membersihkan seluruh bagian komponen tersebut. 

Tempat busi berada merupakan bagian yang paling sering terkena kotoran atau debu. Oleh sebab itu, Anda harus membersihkannya juga. Setelah itu pasang kembali busi tersebut.

Menggosok Bagian Atas Busi Dengan Amplas

Baca Juga : Mengenal Penyebab Mobil Overheat yang Harus Segera Diatasi

Cara mengatasi busi mati yang berikutnya adalah dengan menggosok bagian atasnya menggunakan amplas. Bisa saja busi Anda sudah berumur terlalu tua, sehingga banyak kotoran yang masuk ke dalamnya. 

Kotoran atau debu ini biasanya berasal dari proses pembakaran dan harus dibersihkan. Amplas yang Anda bawa bisa digunakan untuk menggosok bagian atasnya secara satu arah agar kotorannya bisa hilang. 

Lakukan hal tersebut berulang kali sampai busi bersih. Setelah itu, Anda bisa langsung memasang businya kembali di tempatnya. Dalam beberapa kasus, menggunakan cara ini terbukti ampuh agar busi bisa digunakan kembali ketika mendadak mati di tengah jalan. 

Merenggangkan Cop Busi

Cara memperbaiki busi yang mati juga bisa dengan melakukan peregangan pada bagian copnya. Tujuannya agar api yang dihasilkan oleh busi bisa berpindah ke bagian cop. Setelah api berhasil dinyalakan, Anda kemudian bisa memasang kembali cop dan motor sudah dapat digunakan kembali.

Mengatur Celah Katup Busi

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya