Tips & Trik

Berbagai Penyebab Kerusakan Injektor di Sepeda Motor

PUBLISHED DATE : 17 September 2019

Berbagai Penyebab Kerusakan Injektor Di Sepeda Motor

Salah satu komponen penting dalam mesin sepeda motor berteknologi injeksi adalah injektor. Komponen yang satu memiliki tugas menyemprotkan bensin ke ruang bakar dengan cara pengabutan. Performa maupun daya tahan injektor ini sangat bergantung pada pemakaian jenis bahan bakar.

Tapi sayang, banyak pemilik motor injeksi saat ini hanya mengandalkan bensin murah bersubsidi dengan oktan rendah, padahal sebenarnya bensin beroktan tinggi lebih disarankan untuk sepeda motor yang sudah dilengkapi dengan teknologi injeksi. Ingat, bukan tidak boleh dan tidak bisa memakai premium, tapi tidak disarankan. 

Baca Juga : Alasan Kenapa Sebaiknya Jangan 'Ngirit' Oli Mesin

Satu hal yang pasti, pengaruh memakai bensin beroktan rendah pasti ada, terutama karena tingkat ’kebersihan’ bensin yang menjadi kurang baik bisa menyebabkan komponen FI (fuel injection) yang sensitif menjadi lebih mudah tersumbat. Mesin berteknologi injeksi rata-rata rasio kompresinya tinggi, di atas 9 :1. Tujuannya untuk membuat sepeda motor berteknologi injeksi menjadi lebih irit. Namun hal ini baru bisa tercapai jika diisi oleh bensin yang sesuai spesifikasi alias beroktan tinggi. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya