Tips & Trik

Tidak Sulit, Ini Cara Membuka Baut yang Sudah Dol

PUBLISHED DATE : 24 September 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/baut_dol.jpg

Baut merupakan komponen yang digunakan untuk mengikat part demi part agar menjadi bentuk yang utuh. Namun, pernahkah Anda menemukan masalah seperti baut yang dol atau karatan? Jika Anda mengalami masalah tersebut, ada beberapa cara membuka baut yang sudah dol yang bisa dilakukan.

Baut yang dol atau karatan sangat sulit dibuka. Biasanya disebabkan oleh usia, kualitas baut, bahkan juga karena pemasangan yang kurang pas. 

Untuk membukanya pun butuh beberapa trik atau cara khusus. Sebelum mengetahui cara melepaskannya, Anda perlu mengetahui jenis-jenis baut terlebih dahulu.

Jenis-jenis Baut

  • Baut Kepala Hexagonal (Hexagonal Bolt)

Baca Juga : Ketahui Ini Fungsi Camshaft dan Cara Kerjanya

Baut dengan kepala hexagonal merupakan salah satu baut yang sering digunakan pada kendaraan.

Ciri-cirinya adalah kepalanya berbentuk segi enam dengan flange (plat) di bagian bawah kepalanya yang memiliki fungsi sama seperti baut yang dilengkapi dengan washer.

  • Baut Kepala Segi Empat (Square Head Bolt)

Salah satu baut yang sering digunakan dan memiliki bentuk sesuai namanya, mempunyai kepala berbentuk kotak. Fungsi dari baut ini adalah untuk baut pengikat dan banyak digunakan pada industri berat dan konstruksi bangunan,

  • Point Head Bolt

Baca Juga : Tanda-tanda dan Penyebabnya Kompresi Mesin Motor Bocor

Pada baut jenis ini, terdapat bagian grip dan ulir yang diameternya memiliki ukuran yang sejajar. Kepalanya memiliki 12 ridges/ sudut melingkar lurus ke bawah mengarah ke ulirnya. 

Sedangkan di antara bagian ridges dan ulir dibatasi dengan bahu. Fungsinya untuk mengikat benda yang butuh perekat kuat.

  • Carriage Bolt

Bentuk kepala pada baut jenis ini seperti kubah dan pada bagian leher bentuknya segi empat.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Busi yang Mati Dalam Kondisi Darurat

Bagian berbentuk segi empat ini berfungsi untuk menekan baut masuk ke dalam material. Carriage bolt berfungsi untuk menjadi penyambung antar komponen jenis kayu agar memiliki cengkraman yang kuat.

  • Hex Socket Head Bolt

Merupakan baut dengan kepala yang memiliki lubang segi enam (baut jenis L). Baut hex socket head bolt ini digunakan pada lubang yang ukurannya kecil sesuai dengan ukuran kepala bautnya. 

  • Hexalobular Hole Bolt

Baut jenis L (baut yang memiliki lubang di kepala) dengan lubang berbentuk seperti bintang. Hexalobular hole bolt ini juga sering disebut dengan baut bintang karena bentuk kepala bautnya yang menyerupai bintang.

  • Lag Bolt 

Salah satu jenis baut yang memiliki kepala segi enam dengan ujung lancip menyerupai konstruksi wood screw. Ukuran ulir pada baut ini lebih besar daripada baut yang lain.

  • Eye Bolt

Jenis baut yang bentuknya menyerupai cincin pada bagian kepala. Fungsi dari eye bolt yaitu untuk memindahkan peralatan-peralatan, juga untuk mengikat tali/rantai pada bagian kepala cincin eye bolt.

Bentuk baut ini memang sangat memudahkan ketika digunakan untuk menarik suatu benda.

  • Baut U

Merupakan baut yang berbentuk seperti huruf U, fungsinya yaitu untuk pengikat 2 benda tanpa melubangi benda tersebut. Contoh penggunaannya seperti pada bidang otomotif di mana baut ini digunakan untuk menyambung pegas-pegas daun dengan axle.

  • Baut Tanam

Merupakan baut yang tidak memiliki kepala pada kedua ujungnya. Baut tanam memiliki 2 ulir, di mana satu bagian ulirnya ditanam pada komponen.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya