Tips & Trik

Waspada Inilah Penyebab Rem Mobil Ngempos

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/2__bengkel_suzuki.jpg

Sangat berbahaya jika Anda tidak rutin mengecek fungsi rem mobil setiap kali digunakan. Masalah rem blong atau ngempos bisa terjadi kapan saja tanpa disadari dan akibatnya sangat fatal. 

Rem yang menjadi komponen penting kendaraan adalah fitur keselamatan terbesar yang perlu diperhatikan. Anda perlu tahu apa yang menjadi penyebab rem mobil ngempos atau blong supaya bisa mengatasinya dengan cepat. 

Apa saja yang menyebabkan rem mobil bisa mengalami blong? Kenali penyebabnya berikut. 

6 Penyebab Rem Mobil Ngempos yang Wajib Diwaspadai

Baca Juga : Ternyata Ini Pengaruh Per CVT Lemah dan Cirinya

Rem yang tidak bekerja dengan baik bukan hanya membahayakan penumpang mobil, tetapi juga pengendara lainnya. Anda bisa saja mengalami kecelakaan beruntun di jalanan. 

Sebenarnya kerusakan pada rem tidak terjadi begitu saja, ada beberapa gejala yang bisa dirasakan oleh pengemudi sejak awal. Contohnya saja pedal rem terasa bergetar saat diinjak, arah mobil tidak lurus dan pada akhirnya rem terasa ambles. 

Pada saat gejala ini mulai muncul Anda tidak boleh mengabaikannya walaupun hanya terjadi sesekali. Karena hal ini menandakan ada yang salah pada sistem pengereman dan ketika salah satu komponen sudah rusak, rem tidak akan berfungsi kembali. 

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Engine Brake

Penyebab rem mobil ngempos juga ada beberapa macam, berikut ini yang bisa Anda pelajari sekaligus tips mudah untuk mengatasinya. 

  1. Efek dari Anti Lock Braking System (ABS)

Mobil-mobil modern telah dilengkapi dengan sistem pengereman ABS yang tujuannya untuk mencegah roda terkunci ketika pengemudi mengerem mendadak. Mobil lawas yang belum memiliki sistem ABS ini biasanya akan sulit dikendalikan karena roda terkunci. 

Hanya saja ketika sistem ini bekerja, efeknya adalah rem akan terasa ngempos ketika diinjak. Pada saat pedal diinjak maka minyak rem akan tertekan dan melewati poma ABS dahulu. 

Baca Juga : Busi Racing untuk Motor Harian, Amankah?

Nantinya pompa ABS ini akan mengeluarkan tekanan pada pedal rem ketika mobil belum bergerak. Anda pun bisa mendengar suara pompa tersebut ketika menginjak pedal rem. Efek ABS ini adalah normal dan hanya terjadi ketika mobil belum bergerak. 

Beda cerita jika Anda menginjak rem saat mobil berjalan dan ternyata amblas, maka penyebabnya bukanlah sistem ABS. 

    2. Udara Masuk ke Sistem Hidrolis Rem

Penyebab rem mobil ngempos  yang kedua ini lebih sering dikenal sebagai rem yang masuk angin. Sistem rem mobil memanfaatkan sistem hidrolis di mana minyak rem akan bekerja menciptakan tekanan ketika pedal rem diinjak. 

Sayangnya ketika volume minyak rem dalam reservoir ini berkurang, maka gelembung udara akan mudah sekali masuk. Gelembung udara inilah yang menjadi sumber penyebab rem ngempos ketika diinjak. 

Masuknya udara ini adalah hal yang sangat umum terjadi, karena sifatnya yang mudah dikompresi. Pada saat tekanan minyak rem naik maka tekanan hidrolis justru akan diserap udara dalam saluran hidrolis. Akibatnya kaliper rem tidak mendapatkan tekanan hidrolis. 

Cara mudah mengatasi gelembung udara ini adalah dengan bleeding. Anda bisa mengocok pedal rem bolak balik sampai terasa berat ketika diinjak. 

Kemudian buka bleeder nipple sampai gelembung udaranya keluar. Jangan lupa juga untuk menambah volume minyak rem.

    3. Kerusakan pada Master Rem

Master rem pada mobil memiliki fungsi untuk mengubah dorongan dari pedal yang diinjak menjadi tekanan hidrolik. Komponen master rem yang bermasalah tentu saja akan mempengaruhi jumlah tekanan hidrolik yang dihasilkan. 

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/rem.jpg

Mengenal Apa Itu Engine Brake

Pengoperasian mobil matic yang mudah yaitu hanya dengan mengandalkan pedal gas dan rem membuat jenis mobil ini lebih banyak diproduksi dan digunakan. Namun masih banyak yang mengal...

selengkapnya