Tips & Trik

4 Tips Merawat Rem Mobil Agar Semakin Awet

PUBLISHED DATE : 11 Januari 2023

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Blog-5-(1)-(1).jpg

Rem mobil merupakan komponen penting yang mengatur laju kendaraan. Kondisi rem selalu sehat, akan meningkatkan keselamatan Anda selama berkendara. Karenanya penting bagi Anda pemilik kendaraan untuk selalu melakukan perawatan rem mobil agar bisa mendeteksi dini penyebab rem blong dan memperbaikinya. Selain itu, merawat rem mobil juga bisa memberikan keuntungan yaitu merawat mobil agar lebih awet. Bagaimana cara merawat rem mobil yang tepat? Yuk, simak informasi selengkapnya

  • Bersihkan Cakram & Kanvas Rem

Komponen utama yang ada pada sistem pengereman mobil Anda adalah cakram & kanvas rem. Kedua bagian ini selalu harus bekerja bergesekan langsung dengan debu jalanan dan partikel asing. Tentunya perawatan paling sederhana yang bisa dilakukan agar rem tetap awet adalah membersihkan dari kotoran yang mengurangi efektivitas sistem rem. Dua bagian utama, yaitu kanvas dan cakram rem sama-sama harus diperiksa dan dijaga kebersihannya, terutama sehabis melewati jalanan berdebu atau jalanan dengan genangan air.

  • Rutin Mengganti Cairan Rem 

Agar selalu awet, komponen rem harus selalu terlumasi dengan baik. Karenanya salah satu perawatan yang wajib dilakukan adalah memeriksa kondisi keberadaan pelumas rem, baik itu kualitasnya maupun kuantitasnya. Pastikan tabung pelumas rem tidak bercampur dengan udara dan menciptakan gelembung karena akan mengurangi efektivitas rem mobil. Perhatikan juga usia pakai cairan rem, ganti dengan cairan yang baru jika kualitasnya mulai berkurang sehingga dapat bekerja optimal dan melumasi komponen rem dengan baik.

  • Membubut Piringan Rem Mobil

Baca Juga : 5 Langkah Mudah Merawat Sistem Pendingin Mobil Anda

Seiring penggunaan kendaraan yang semakin sering, permukaan kanvas rem akan jadi menipis dan kerap muncul bunyi decit saat digunakan. Untuk mengatasi kendala ini, Anda bisa melakukan perawatan dengan mengamplas atau membubut kampas atau piringan cakram rem mobil agar permukaannya tetap rata. Tapi perhatikan dulu kondisi fisik kanvas rem mobil Anda, pastikan cukup kondisinya masih layak untuk diperbaiki atau dilakukan perawatan ini. Hindari membubut piringan rem jika kondisi kanvas sudah sangat tipis karena dapat menyebabkan retak-retak atau pecah di piringan cakram.

  • Memeriksa Kaliper

Kaliper merupakan bagian rem yang menekan kanvas ke mesin penggerak sehingga laju mobil melambat. Bagian ini sebenarnya cukup jarang mengalami kerusakan, tapi beberapa faktor seperti kurangnya pelumas bisa mengurangi performanya. Kendala pada kaliper bisa berupa gejala seperti proses rem yang tersendat-sendat saat digunakan. Karenanya sebaiknya ganti pelumas atau minyak rem Anda saat menempuh perjalanan setiap 20.000 km. Jangan tunda mengganti pelumas jika mendapati cairan tersebut sudah berwarna pekat. 

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Tips_Pintar_Memilih_Jaket_Riding.png

Tips Pintar Memilih Jaket Riding

Jaket merupakan salah satu perlengkapan safety riding yang posisinya hampir sama dengan helm dan aksesoris keselamatan lainnya. Selain menahan sergapan angin selama berkendara, jak...

selengkapnya