Tips & Trik

Wajib Tahu, Ini Komponen Mobil Yang Patut Diketahui

PUBLISHED DATE : 30 September 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/34274606_s.jpg

Mobil merupakan salah satu jenis transportasi yang paling aman. Permintaan dan harga kendaraan roda empat ini juga semakin hari semakin meningkat, mengingat berbagai komponen mobil yang juga tidak murah.  Tidak heran jika saat ini banyak vendor mobil yang menawarkan berbagai tipe mobil produksinya

Namun, sebelum membeli sebuah mobil, sebaiknya, Anda terlebih dahulu mengetahui apa saja komponen-komponen dari mobil tersebut. Berikut ini ulasan terkaitnya yang penting diketahui.

Komponen-Komponen Mobil

  1. Transmisi

    Baca Juga : Jangan Panik, Ini Penyebab Karburator Banjir & Solusinya

    Transmisi menjadi komponen dari mobil yang penting untuk diperhatikan. Transmisi sendiri merupakan sistem yang berfungsi untuk memindahkan tenaga mobil ke poros propeller.  Transmisi juga diartikan sebagai komponen yang mengkonversi torsi.

    Konversi yang diteruskan pada penggerak akhir akan menghasilkan kecepatan yang berbeda-beda.  Bahkan kecepatan jauh lebih bertenaga dengan putaran yang lebih rendah.

    Ada banyak tipe transmisi yang biasa digunakan pada mobil. Diantaranya seperti Automatic Gear Shift, Sliding Mesh, Constant Mesh, Type CVT dan Synchro Mesh. Masing-masing tipe ini memberikan kecepatan putaran yang berbeda-beda.

    Baca Juga : Ini yang Harus Diperhatikan Supaya Ban Dalam Tidak Terlipat

    Fungsi dari transmisi sendiri adalah memungkinkan mesin  tetap menyala saat mobil dalam keadaan berhenti. Komponen ini juga memungkinkan kendaraan untuk berjalan mundur dan menyesuaikan momen yang dihasilkan mobil sesuai dengan kebutuhan.

    Selain itu, transmisi juga berfungsi untuk meneruskan putaran dan tenaga mesin ke poros propeller. Fungsi-fungsi transmisi tersebut dapat membuat mobil lebih nyaman saat digunakan dan juga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan berkendara.

    Supaya bisa digunakan dengan optimal, Anda perlu memperhatikan kondisi transmisi mobil. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk merawat komponen mobil satu ini.

    Baca Juga : Hati-Hati, Cairan Anti Bocor Justru Bisa Membuat Ban Bocor

    Salah satunya adalah memeriksa kondisi transmisi secara rutin.  Anda juga perlu melakukan pergantian oli, memposisikan transmisi dengan tepat dan menghindari tancap gas dengan tiba-tiba.

  2. Aki Mobil

    Tidak hanya sebagai komponen mobil, aki menjadi salah satu komponen yang penting bagi banyak kendaraan. Aki sendiri adalah pusat dari kelistrikan mobil.

    Tanpa komponen ini, mobil tidak dapat digunakan dengan nyaman. Apalagi, beberapa komponen lainnya membutuhkan listrik untuk menyala, sehingga apabila aki mobil bermasalah maka akan mempengaruhi performa mobil Anda.

    Aki mobil memang menjadi komponen mesin mobil yang sangat vital. Hal ini dikarenakan fungsi aki sebagai penyedia energi saat dinamo starter dinyalakan. Bisa dibilang, aki adalah baterai kendaraan.

    Jika mobil Anda mengalami kekurangan tenaga, bisa dipastikan aki mobil bermasalah. Bahkan pada kasus yang lebih parah, mobil Anda tidak dapat menyala sama semaki.

    Maka, karena fungsinya yang sangat vital ini, merawat aki mobil perlu untuk dilakukan. Bagaimana cara perawatannya?  Perawatan aki mobil dapat dilakukan dengan mengecek kondisinya secara rutin.

    151768622_s

    Pengecekan tersebut dapat Anda lakukan sebanyak satu kali dalam satu atau dua minggu. Perawatan aki dengan Low Maintenance dilakukan dengan menambahkan air aki hingga melewati batas levelnya.

    Sementara itu, Anda hanya perlu memperhatikan garis indikator hijau atau biru pada aki Maintenance Free.  Selain memperhatikan banyaknya air aki isi ulang, Anda juga harus memperhatikan jenis air aki yang digunakan.  Tutup botol air aki Maintenance free memiliki arti sendiri.

    Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya