Tips & Trik

Agar Tetap Nyaman, Selalu Ingat Jadwal Spooring dan Balancing Roda Mobil Anda

PUBLISHED DATE : 25 September 2018

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Agar_Tetap_Nyaman,_Selalu_Ingat_Jadwal_Spooring_dan_Balancing_Roda_Mobil_Anda.png

Salah satu faktor penunjang kenyamanan ketika mengendarai mobil adalah kondisi roda yang lurus dan seimbang. Kondisi kaki-kaki roda yang sudah tidak lurus dan seimbang seringkali membuat performa dan kenyamanan mobil berkurang. Hal ini biasanya ditandai dengan munculnya getaran serta arah mobil yang sedikit miring. Jika mobil sudah mengalami hal tersebut, sudah pasti spooring dan balancing adalah solusi terbaiknya.

Apakah Spooring dan Balancing Itu?

Spooring dan balancing adalah melakukan penyetelan pada komponen roda supaya dapat menapak dengan sempurna di jalanan. Setelan roda biasanya berubah karena pemakaian sehari-sehari dalam jangka waktu yang lama dan akan lebih mudah berubah, saat mobil terlalu sering melewati jalan rusak atau melewati lubang pada kecepatan tinggi.

Baca Juga : Tanda-Tanda AC Mobil Sedang Bermasalah

Fungsi spooring dan balancing adalah mengembalikan setelan pada roda-roda supaya sesuai dengan angka yang dianjurkan pabrikan. Jadi biasanya pada alat spooring sudah ada database setelan kaki-kaki hampir seluruh mobil yang pernah diproduksi dan spooring akan berpatokan pada data tersebut agar kondisi setelan pada kaki-kaki mobil dikembalikan.

Tiap Berapa km Spooring dan Balancing Sebaiknya Dilakukan?

Meskipun ada anjuran untuk melakukan spooring dan balancing tiap 20.000 kilometer, tapi jika Anda merasa sering melewati jalan berlubang, sangat dianjurkan untuk spooring dan balancing dilakukan lebih cepat, setiap 10.000 km.

Baca Juga : Ingat, Rutin Mengecek Ban Kendaraan itu Penting!

Sebelum melakukan spooring, proses balancing pada keempat roda wajib dilakukan terlebih dahulu, supaya keseimbangan antara tiap roda dapat terjaga.

Semoga informasi di atas bermanfaat!

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya